Qualcomm Kenalkan Chip Modem 5G Snapdragon X60

Kompas.com - 20/02/2020, 07:03 WIB
Ilustrasi chip modem Qualcomm Snapdragon X60 5G. MacworldIlustrasi chip modem Qualcomm Snapdragon X60 5G.

KOMPAS.com - Pekan ini, pabrikan chip Qualcomm memperkenalkan chip modem 5G teranyarnya, Snapdragon X60.

Chip tersebut merupakan generasi ketiga dari chip modem 5G yang digadang Qualcomm, di mana generasi pertama adalah Snapdragon X50 (2016) sementara generasi kedua adalah Snapdragon X55 (2019).

Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Snapdragon X60 5G kini dibekali dengan sejumlah teknologi mutakhir. 

Salah satu yang menarik adalah proses manufaktur sang chip modem ini diklaim mengandalkan teknologi fabrikasi 5nm (nanometer) pertama di dunia.

Baca juga: Realme X50 Pro 5G Dipastikan Punya Enam Kamera dan Zoom 20x

Teknologi tersebut memungkinkan chip modem berukuran lebih mungil dan efisien tetapi tak kalah powerful ketimbang generasi sebelumnya yang menggunakan proses fabrikasi 7nm.

Selain teknologi fabrikasi, chip modem Snapdragon X60 5G ini juga mendukung carrier aggregation (CA), atau bisa disebut penggabungan kanal, antara spektrum Sub-6 dan mmWave yang menjanjikan kecepatan akses internet yang lebih tinggi.

Chip modem Snapdragon X60 5G dengan modul RF dan antenna mmWave .Macworld Chip modem Snapdragon X60 5G dengan modul RF dan antenna mmWave .

Bahkan, Qualcomm mengklaim kecepatan download bisa mencapai 7,5 Gbps, sementara kecepatan upload mampu menyentuh angka 3 Gbps. 

Untuk menawarkan kecepatan internet yang optimal, Qualcomm juga menghadirkan modul antena frekuensi mmWave teranyar, yakni QTM535, yang diklaim berukuran lebih ringkas dibanding generasi sebelumnya (QTM252).

Baca juga: MWC 2020 Batal, Bagaimana Nasib Oppo Find X2 dan Realme X50 Pro 5G?

Qualcomm tidak menyebut dimensi modul antena teranyar ini, namun, dengan ukuran yang lebih ramping, pihaknya mengklaim modul antena 5G ini bisa dipadankan dengan aneka perangkat premium yang memiliki dimensi tipis.

Kendati sekelumit fitur Snapdragon X60 5G diumbar oleh Qualcomm, mereka masih belum mau membeberkan timeline terkait peluncuran, proses produksi, atau kapan chip modem ini digelontorkan kepada para vendor smartphone.

Kemungkinan besar, chip modem ini bakal meluncur sekitar tahun 2021, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AnandTech, Kamis (20/2/2020).  

Terlepas dari itu, konon, informasi lebih detail terkait chip modem Snapdragon X60 5G ini bakal dikuak di beragam perhelatan teknologi sepanjang 2020, seperti IFA 2020 (Agustus) hingga acara Tech Summit 2020 yang biasanya digelar Qualcomm mendekati akhir tahun.



Sumber AnandTech
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X