Pameran Game Tahunan di AS Ditunda akibat Virus Corona

Kompas.com - 02/03/2020, 19:10 WIB
Papan bertuliskan Game Developer Conference Road to VRPapan bertuliskan Game Developer Conference

KOMPAS.com - Facebook, Sony, Electronic Arts, dan Kojima Productions telah mengumumkan batal hadir di pameran tahunan Game Developers Conference ( GDC) 2020 di San Francisco, AS, akibat wabah virus corona

Tak lama, pengembang-pengembang game pun menyusul menyatakan mundur. Hal ini pun membuat panitia GDC menunda pagelaran tahun ini.

"Meski sulit, kami memutuskan untuk menunda Game Developers Conference yang seharusnya digelar pada Maret ini," tulis penyelenggara GDC dalam situs resminya.

Namun panitia GDC tidak secara gamblang menulis bahwa penundaan dikarenakan oleh wabah virus corona. Pengumuman penundaan GDC 2020 dibuat setelah sejumlah peserta menarik diri dari acara tersebut.

Baca juga: Rajin Bersihkan Ponsel Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Begini Caranya

Kekhawatiran para pengembang game adalah wabah virus corona, karena acara GDC ini melibatkan banyak peserta dari berbagai negara.

Facebook misalnya, mereka telah mengumumkan batal hadir di GDC karena meningkatnya risiko kesehatan terkait wabah virus corona. Mereka peduli pada kesehatan dan keamanan karyawannya, partner, dan komunitas GDC.

Sementara juru bicara Sony mengatakan bahwa mereka lebih memprioritaskan keamanan, karena negaranya (Jepang) juga sudah memberlakukan pembatasan perjalanan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kami membuat keputusan sulit untuk membatalkan partisipasi kami di Game Developers Conference, karena meningkatnya masalah terkait COVID-19 (coronavirus)," tulis keterangan resmi Sony.

Penyelenggara GDC sendiri mengatakan bahwa mereka akan menyiapkan acara pengganti, yang akan dikabarkan dalam waktu dekat.

"Kami berencana untuk menggelar GDC pada musim panas nanti. Kami akan memberikan kabar lebih lanjut dalam beberapa minggu ke depan," tulis panitia GDC.

Ketua Penyelenggara GDC, Simon Carless juga mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan ganti rugi biaya yang telah dikeluarkan oleh para peserta GDC, seperti penyewaan booth pameran.

"Penyelenggara akan menanggung biaya ganti rugi peserta secara penuh," tulis Simon melalu akun Twitter pribadinya

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (2/3/2020), selain Facebook dan Kojima Productions, beberapa pengembang game seperti Sony, Electronic Arts, Unity, Amazon, dan Epic telah menyatakan menarik diri dari acara tersebut.

Sebagai informasi, pada gelaran GDC 2019 lalu, acara kumpul pengembang game tersebut dihadiri oleh hampir 29.000 peserta.

Baca juga: Acara Terbesar Facebook Harusnya Mei, Dibatalkan Februari karena Covid-19



Sumber PC Gamer
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X