Rajin Bersihkan Ponsel Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Begini Caranya

Kompas.com - 02/03/2020, 17:26 WIB
ilustrasi ponsel Thinkstockilustrasi ponsel

KOMPAS.com - Rajin membersihkan ponsel dan mencuci tangan disebut lebih manjur untuk menangkal penyebaran virus corona. Hal ini diutarakan oleh Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak.

Menurut dokter Mak, tidak ada bukti bahwa virus corona terbang atau menular lewat udara, sehingga memakai masker adalah metode yang tidak efektif.

Di sisi lain, Mak mengatakan bahwa hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, mencuci benda dengan sabun atau alkohol, serta membersihkan benda yang paling sering disentuh, salah satunya adalah ponsel.

Baca juga: WHO Unggah Video TikTok Soal Virus Corona

"Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker (untuk menghindari virus) bukan jadi hal yang paling penting," ujar Mak. 

Ponsel adalah benda yang paling sering kita gunakan, bahkan ponsel diklaim memiliki bakteri yang lebih banyak dibandingkan bakteri yang ada di toilet. Sehingga Anda perlu membersihkannya dengan benar.

Cara membersihkan ponsel dari virus

Berdasarkan hasil riset American Association for Laboratory Animal Science pada tahun 2018, cara membersihkan ponsel yang paling baik adalah dengan lauratan alkohol yang efektif untuk membunuh kuman.

Baca juga: Kotoran di Ponsel Bisa Ungkap Kepribadian Pemilik

Pertama, Anda bisa mencampurkan alkohol dan air dengan perbandingan 40 persen banding 60 persen.

kemudian, Anda dapat mengelap layar ponsel Anda dengan kain mikrofiber, kapas kering, atau kapas yang dibasahi. 

Untuk membersihkan bodi ponsel, Anda tidak dapat langsung menyemprotkan larutan alkohol secara langsung ke layar ponsel, karena dapat meninggalkan bekas.

Baca juga: Bill Gates Sebut Wabah Virus Corona Bisa Berdampak Sangat Dramatis

Sebagai penggantinya, Anda bisa menggunakan tisu anti-bakteri yang dapat digunakan untuk membersihkan bodi ponsel.

Beberapa barang yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan ponsel adalah pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus rias, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka.

Ketika tidak ada bahan pembersih yang tersedia, menyeka ponsel dengan kain mikrofiber juga dapat mengurangi terjadinya kontaminasi bakteri pada ponsel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X