Kominfo Bikin Peraturan Menteri untuk Muluskan Investasi "Data Center" Microsoft

Kompas.com - 02/03/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi data center ShutterstockIlustrasi data center

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepada CEO Microsoft, Satya Nadella, Presiden RI Joko Widodo menjanjikan aturan terkait data center akan rampung dalam waktu satu minggu.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate pun mengatakan aturan tersebut akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Menteri (Permen).

Menurut Johnny, aturan main terkait penyelenggaraan data center sejatinya sudah dibicarakan sejak akhir Januari lalu. Meski demikian, Johnny mengaku bahwa sampai sekarang regulasi yang dirancang belum rampung.

Baca juga: Google Siapkan Rp 138 Triliun untuk Bangun Kantor dan Data Center

Menurut Johnny, aturan terkait data center sejatinya sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 (PP71) tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik (PSTE).

Namun, Johnny mengatakan aturan yang tercantum dalam PP 71 belum mengatur hal-hal teknis yang dibutuhkan.

"Peraturan Menteri kan sifatnya lebih teknis dan detail. Nah kami sedang menyiapkan Peraturan Menteri itu. Karena kalau dari UU ITE, peraturan yang terkait Permen itu setidaknya ada 23 pasal," kata Johnny saat ditemui di kantor Kementerian Kominfo, Jumat (28/2/2020).

Ia pun menyanggupi regulasi tersebut akan rampung dalam waktu satu minggu. Ia juga mengatakan harus ada sosialisasi terkait Permen tersebut.

"Dalam seminggu itu ya selesailah, karena sebetulnya sudah mau selesai Permen yang 23 pasal itu. Ada tenggat waktu, tapi dalam satu minggu mudah mudahan draft final sudah selesai," kata Johnny.

Baca juga: Peraturan Data Center Dianggap Bertentangan dengan Perlindungan Data

Data center memang menjadi pembahasan antara Presiden Jokowi dan Satya Nadella. Nilai investasi data center Microsoft itu disebut mencapai 1 miliar dollar AS.

Namun Presiden Jokowi menyampaikan bahwa saat ini pemerintah Indonesia sedang menyiapkan sejumlah regulasi, salah satunya UU Perlindungan Data Pribadi (PDP), yang di dalamnya juga mengatur pembangunan data center.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X