Ini Kartu MicroSD yang Disarankan Samsung untuk Galaxy S20

Kompas.com - 04/03/2020, 19:02 WIB
Model memegang gawai Samsung S20 saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGModel memegang gawai Samsung S20 saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret.

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan S20 Ultra yang dijual di Indonesia hanya menawarkan satu varian penyimpanan internal (storage), yatu 128 GB.

Bagi yang merasa penyimpanan internal itu kurang, mereka bisa menggunakan kartu microSD. Kapasitas microSD yang bisa ditampung di trio ponsel Galaxy S20 itu sendiri mencapai 1 terabyte.

Meski mendukung semua microSD, tetapi Samsung menyarankan spesifikasi microSD khusus untuk dipasangkan dengan Galaxy S20 series.

"Minimal kartu micro SD 'UHS-1', (spesifikasinya) di atas tipe 'Class 10'," ujar Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, di sela peluncuran Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip di kawasan SCBD Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Memotret dari Jarak 5 Kilometer dengan Galaxy S20 Ultra

Pengguna sebenarnya bisa memakai kartu microSD yang kualitasnya di bawah UHS-1, seperti Class 3 atau Class 10. Hanya saja, performa transfer data dibilang lebih lambat ketimbang UHS-1.

Adapun kartu micro SD dengan jenis UHS-1 memiliki kapasitas bandwidth mencapai 104 Mbps.

Video 8K tak bisa direkam di Micro SD

Selain itu, Taufiq juga memastikan bahwa kartu microSD hanya mampu merekam video dengan kualitas maksimal di 4K. Untuk perekaman video 8K, Galaxy S20 series bakal menggunakam media penyimpanan internal.

Samsung S20 terlihat saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Samsung S20 terlihat saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret.
Mengapa? Sebab, teknologi memori internal macam UFS 3.1 yang menyertai trio Galaxy S20 memang dibutuhkan untuk memproses hasil perekaman video 8K.

Kendati demikian, video 8K yang direkam tadi kemudian bisa dipindah ke micro SD dan diputar dari penyimpanan itu.

Baca juga: Semenit, Video 8K Galaxy S20 Habiskan Ruang 600 MB

"(Micro SD) itu bisa merekam sampai 4K dan langsung disimpan. Tapi untuk 8K, itu kami pastikan akan ke (penyimpanan) internal saja, baru nanti dipindahkan datanya ke microSD," kata Taufiq.

Di atas kertas, teknologi UFS 3.1 sendiri memiliki kecepatan yang lebih ngebut dibanding kartu microSD UHS-1, yakni dengan kapasitas bandwidth maksimal 2,9 Gbps.

Sebelumnya, Samsung sempat mengumbar alasan mengapa trio Galaxy S20 versi Indonesia hanya dibekali dengan memori internal 128 GB.

Menurut pihak Samsung, tren pengguna Indonesia yang semakin beralih ke media penyimpanan model cloud menjadi salah satu penyebab mereka hanya menghadirkan Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra dalam satu varian storage (128 GB) di Tanah Air.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X