Memotret dari Jarak 5 Kilometer dengan Galaxy S20 Ultra

Kompas.com - 23/02/2020, 19:04 WIB
Kamera belakang Galaxy S20 Ultra. KOMPAS.com/Bill ClintenKamera belakang Galaxy S20 Ultra.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Salah satu fitur andalan di ponsel teratas baru dari Samsung, Galaxy S20 Ultra, adalah kemampuan melakukan “zoom” hingga 100x. Samsung menyebutnya dengan julukan “Space Zoom 100x”.

Tingkat zoom itu merupakan yang paling tinggi di antara smartphone lain di pasaran sekarang. Bagaimana cara Samsung mewujudkannya?

Galaxy S20 Ultra sebenarnya memiliki lensa telephoto dengan tingkat zoom optik sebesar 4x (bidang pandang 24 derajat, f/3.5, OIS), tapi Samsung menggunakan trik hardware dan software untuk memperjauh jangkauannya.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Untuk tingkat zoom dari 4x hingga 10x, Samsung menerapkan teknologi "Hybrid Optical Zoom” yang menggabungkan zoom optis lensa telephoto dengan pembesaran digital.

Dalam hal ini, resolusi sensor kamera telephoto yang mencapai 48 megapiksel membantu agar kuaitas gambar tak terlalu menurun meski dilakukan digital zooming (cropping).

Tingkat zoom 10x pada Galaxy S20 Ultra (foto kanan) memperlihatkan hasil identik dengan foto hasil zoom 4x yang diperbesar (foto kiri). Foto atas adalah jangkauan bidang pandang dari zoom 4x sebagai referensi. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tingkat zoom 10x pada Galaxy S20 Ultra (foto kanan) memperlihatkan hasil identik dengan foto hasil zoom 4x yang diperbesar (foto kiri). Foto atas adalah jangkauan bidang pandang dari zoom 4x sebagai referensi.
Samsung sendiri mengklaim bahwa pembesaran zoom hingga 10x di Galaxy S20 Ultra bersifat lossless, alias tanpa mengalami penurunan kualitas.

Dari pengamatan KompasTekno, hasil foto antara tingkat zoom 4x dengan 10x memang hampir tidak terlihat bedanya.

Selain perbedaan exposure karena perbedaan area framing, foto zoom 4x dan 10x menampilkan ketajaman dan detil yang identik, seperti pada contoh di samping.

Lain cerita dengan zoom antara 1x hingga 3,9x. Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru akan aktif ketika tingkat zoom menyentuh angka 4x. Sebelum itu, yang digunakan untuk zooming adalah kamera wide 108 megapiksel dengan pembesaran digital.

Meski resolusi awalnya tinggi, tak urung ada penurunan kualitas dari proses pembesaran digital. Bedanya cukup kentara dibandingkan tingkat zoom 4x, saat kamera telephoto mulai aktif, sebagaimana tampak dalam gambar di bawah.

Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X