Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 19:04 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu fitur andalan di ponsel teratas baru dari Samsung, Galaxy S20 Ultra, adalah kemampuan melakukan “zoom” hingga 100x. Samsung menyebutnya dengan julukan “Space Zoom 100x”.

Tingkat zoom itu merupakan yang paling tinggi di antara smartphone lain di pasaran sekarang. Bagaimana cara Samsung mewujudkannya?

Galaxy S20 Ultra sebenarnya memiliki lensa telephoto dengan tingkat zoom optik sebesar 4x (bidang pandang 24 derajat, f/3.5, OIS), tapi Samsung menggunakan trik hardware dan software untuk memperjauh jangkauannya.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Untuk tingkat zoom dari 4x hingga 10x, Samsung menerapkan teknologi "Hybrid Optical Zoom” yang menggabungkan zoom optis lensa telephoto dengan pembesaran digital.

Dalam hal ini, resolusi sensor kamera telephoto yang mencapai 48 megapiksel membantu agar kuaitas gambar tak terlalu menurun meski dilakukan digital zooming (cropping).

Tingkat zoom 10x pada Galaxy S20 Ultra (foto kanan) memperlihatkan hasil identik dengan foto hasil zoom 4x yang diperbesar (foto kiri). Foto atas adalah jangkauan bidang pandang dari zoom 4x sebagai referensi. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tingkat zoom 10x pada Galaxy S20 Ultra (foto kanan) memperlihatkan hasil identik dengan foto hasil zoom 4x yang diperbesar (foto kiri). Foto atas adalah jangkauan bidang pandang dari zoom 4x sebagai referensi.
Samsung sendiri mengklaim bahwa pembesaran zoom hingga 10x di Galaxy S20 Ultra bersifat lossless, alias tanpa mengalami penurunan kualitas.

Dari pengamatan KompasTekno, hasil foto antara tingkat zoom 4x dengan 10x memang hampir tidak terlihat bedanya.

Selain perbedaan exposure karena perbedaan area framing, foto zoom 4x dan 10x menampilkan ketajaman dan detil yang identik, seperti pada contoh di samping.

Lain cerita dengan zoom antara 1x hingga 3,9x. Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru akan aktif ketika tingkat zoom menyentuh angka 4x. Sebelum itu, yang digunakan untuk zooming adalah kamera wide 108 megapiksel dengan pembesaran digital.

Meski resolusi awalnya tinggi, tak urung ada penurunan kualitas dari proses pembesaran digital. Bedanya cukup kentara dibandingkan tingkat zoom 4x, saat kamera telephoto mulai aktif, sebagaimana tampak dalam gambar di bawah.

Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.

“Space Zoom 100x”

Bagaimana dengan zoom selanjutnya yang bisa mencapai 100x (dibandingkan kamera wide dengan bidang pandang 79 derajat)?

Mulai tingkat zoom 10x hingga 100x, Samsung menggunakan pembesaran digital dibantu AI dan algoritma software yang disebut sebagai “Super Resolution Zoom”.

Baca juga: Begini Cara Kerja Space Zoom 100x di Samsung Galaxy S20 Ultra

Tingkat zoom yang mencapai 100x itu bisa memotret obyek berjarak sangat jauh, hingga mencapai ratusan meter, dengan pembesaran secara digital.

Perbedaan magnifikasi (bidang pandang) kamera telephoto Galaxy S20 Ultra di tingkat zoom 4x (foto kiri), 10x (foto tengah), dan 100x (foto kanan). Zoom 10x lebih kurang masih setajam zoom 4x, sementara tingkat ketajaman sudah jauh berkurang di zoom 100x yang mengandalkan pembesaran digital. Obyek foto adalah menara TVRI setinggi 147 meter dengan jarak sekitar 700 meter dari lokasi pemotraten di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbedaan magnifikasi (bidang pandang) kamera telephoto Galaxy S20 Ultra di tingkat zoom 4x (foto kiri), 10x (foto tengah), dan 100x (foto kanan). Zoom 10x lebih kurang masih setajam zoom 4x, sementara tingkat ketajaman sudah jauh berkurang di zoom 100x yang mengandalkan pembesaran digital. Obyek foto adalah menara TVRI setinggi 147 meter dengan jarak sekitar 700 meter dari lokasi pemotraten di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat.

Misalnya, saat KompasTekno menjepret menara TVRI yang berjarak lebih dari 700 meter dari lokasi pemotretan di Menara Kompas, dengan zoom 100x, bahkan hanya sebagian rangkaian jendela menara yang bisa termuat dalam frame.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com