Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Sindir Update iPhone yang Sering Bikin Masalah

Kompas.com - 11/03/2020, 19:35 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, kembali "menyentil" perusahaan besar. Kali ini, kritik yang ia lontarkan tertuju pada Apple, terutama soal kualitas perangkat lunak (software) iOS di iPhone yang belum tentu lebih baik meskipun lebih baru;.

Hal tersebut diungkapkan oleh Musk di sela wawancara di perhelatan Satellite 2020 yang digelar di kota Washington DC, AS, pekan ini. Musk ketika itu sedang menjawab pertanyaan tentang peranan software dalam misi-misi futuristis seperti penjelajahan ke Mars.

Baca juga: Update iOS 13.3.1 Perbaiki iPhone 11 yang Diam-diam Melacak Pengguna

"Orang-orang biasanya menganggap (software) ponsel berkembang lebih baik dari tahun ke tahun," ujar Musk di atas panggung.

"Saya seorang pengguna iPhone, tetapi saya pikir pembaruan perangkat lunak iOS teranyar sepertinya tidak begitu bagus. Itu merusak sistem email saya. Ini menjadi hal masalah yang paling mendasar," imbuhnya.

Dia tidak merinci versi iOS mana persisnya yang menimbulkan masalah di iPhone. Dia mungkin mengacu pada pembaruan iOS 13 yang membawa serangkaian bug, salah satunya di aplikasi Mail yang bisa menghapus dan mengubah identitas pengirim menjadi "No Sender".

Ada pula masalah iOS 13 lainnya yang ditemui pada fitur Wi-Fi, Bluetooth, on-screen keyboard, hingga AirDrop, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (11//3/2020).

Baca juga: Apple Rilis iOS 13.1.1 untuk Atasi Masalah Keyboard dan Baterai Boros

Apple pun bergegas merilis sejumlah pembaruan lebih lanjut untuk iOS 13, demi memperbaiki masalahnya. Update iOS sendiri memang dikenal sering bermasalah dan malah membawa aneka bug baru sehingga Apple kerap merilis pembaruan lanjutan dalam waktu singkat.

Ini bukan kali pertama Musk menyinggung Apple. Sebelumnya, pada 2015, Musk sempat kesal karena Apple dikabarkan berusaha membuat mobil listrik bernama "Apple Car", meski wujud produk tersebut belum jelas hingga sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.