Kompas.com - 18/03/2020, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Operator telekomunikasi Hutchison Tri Indonesia mulai mencatat lonjakan trafik layanan data sejak Senin (16/3/2020), tepatnya hari pertama saat diberlakukannya kebijakan work from home (WFH).

Lonjakan trafik data itu diklaim Tri meningkat sebesar 15 hingga 20 persen, dibandingkan dengan hari yang sama pada pekan sebelumnya. Sementara trafik layanan konvensional seperti voice call meningkat hingga 5-10 persen.

Beberapa aplikasi yang berkontribusi dalam peningkatan data antara lain aplikasi WhatsApp, YouTube, Facebook, dan game Mobile Legend.

Baca juga: Dukung Kebijakan Kerja dari Rumah, Operator Seluler Tingkatkan Bandwidth

"Seperti yang kita tahu, WhatsApp bisa digunakan untuk melakukan conference call dan video call oleh mereka yang bekerja dari rumah," ujar Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia, Danny Buldansyah dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (18/3/2020).

Tri mencatat bahwa rata-rata penggunaan data untuk melakukan video call yaitu dilakukan selama 30 - 60 menit, Google Hangouts 3 MB, Zoom sebesar 90 MB, dan Webex 750MB.

Menurut data yang disampaikan oleh Tri, lonjakan lalu-lintas data terjadi antara pukul 06:00 hingga 12:00.

Tri juga akan terus memantau pergerakan lonjakan trafik internet ini, akibat kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah yang disarankan oleh pemerintah.

Baca juga: Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik karena Corona

Dengan mulai diberlakukannya kebijakan work from home tersebut, Tri juga menawarkan paket internet yang dapat menunjang pengguna agar tetap bekerja dengan mudah.

Paket Unlimited AlwaysOn berlaku pada pukul 01:00-17:00 untuk semua aplikasi, termasuk Edmodo, Ruangguru, zenius, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang juga dapat menunjang kondusivitas belajar dari rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.