Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook, Google, Twitter dkk Kerja Sama Perangi Hoaks Virus Corona

Kompas.com - 19/03/2020, 20:18 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi dan media sosial, mulai dari Google, Facebook, Twitter, Microsoft, YouTube, LinkedIn, hingga Reddit bekerja sama untuk memerangi informasi hoaks terkait virus corona (Covid-19) yang marak beredar di internet. 

Para pengelola perusahaan teknologi saling bertukar informasi antara satu sama lain, dan juga badan kesehatan dunia agar para pengguna bisa mendapat informasi akurat tentang virus corona dan Covid-19.

Baca juga: Marak di Wabah Corona, Begini Cara Kerja Termometer Tembak untuk Cek Suhu Tubuh

"Kami saling bekerja sama dengan erat dalam upaya respons terhadap Covid-19. Kami membantu jutaan orang agar tetap terhubung sambil memerangi kabar bohong dan misinformasi tentang virus itu," tulis mereka dalam sebuah pernyataan bersama.

Perusahaan-perusahaan teknologi dan media sosial asal AS ini juga sepakat mengedepankan konten yang berasal dari otoritas resmi di platform masing-masing, serta menyalurkan
update lewat koordinasi dengan dinas-dinas kesehatan dari pemerintah di seluruh dunia.


"Kami mengundang perusahaan-perusahaan lain untuk bergabung dengan kami, demi menjaga komunitas agar tetap aman dan sehat," lanjut pernyataan tersebut.

Dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (19/3/2020), beberapa dari perusahaan yang saling bekerja sama sebelumnya sudah melancarkan upaya sendiri untuk memerangi hoaks tentang Covid-19.

Baca juga: Microsoft Bing Luncurkan Situs Pelacak Virus Corona Real Time

Facebook, misalnya, memblokir iklan yang seolah-olah menawarkan obat untuk virus corona. Microsoft lewat Bing meluncurkan situs untuk melacak penyebaran virus corona di seluruh dunia secara real time.

Lalu, Twitter menghapus kicauan-kicauan yang dinilai misleading. Google pun berencana membuat situs online untuk membantu warga AS mencari tahu apakah mereka harus mendapat pemeriksaan Covid-19 dan di mana tempat memperolehnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com