Cara Mengamankan Telekonferensi Zoom dari Orang Tak Diundang

Kompas.com - 03/04/2020, 20:10 WIB
Ilustrasi aplikasi Zoom. AndroidPoliceIlustrasi aplikasi Zoom.

KOMPAS.com - Di tengah wabah virus corona yang melanda, kebijakan work from home (WFH) tengah digaungkan demi menjaga keselamatan bersama.

Popularitas aplikasi Zoom pun meroket sebagai sarana telekonferensi dari rumah. Meski dinilai andal dan jarang down, nyatanya Zoom memiliki celah yang bisa mengganggu kenyamanan pengguna.

Orang tak diundang bisa saja tiba-tiba muncul dalam konferensi dan melakukan hal-hal yang mengganggu seperti megunggah gambar tak senonoh. Fenomena ini dikenal dengan nama " zoombombing".

Baca juga: Alasan Zoom Banyak Dipakai untuk Rapat hingga Kuliah dari Rumah

Biasanya zoombombing disebabkan oleh pihak host yang kurang hati-hati dalam menyebar link undangan telekonferensi sehingga bisa dilihat oleh publik secara umum, misalnya lewat media sosial.

"Ancaman Zoom Bombing bisa menjadi masalah besar bagi banyak pihak, untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan pengaturan yang tepat untuk mencegah terjadinya pembajakan," tutur IT Security Consultant PT Prosperita ESET Indonesia, Yudhi Kukuh

Dalam keteragan tertulisnya, Jumat (3/4/2020), ESET Indonesia menerangkan ada cara mudah yang bisa diterapkan untuk mencegah orang tak diundang "membajak" meeting lewat zoombombing, yakni dengan memberlakukan Waiting Room.

Baca juga: Bahaya yang Mengintai di Balik Penggunaan Zoom

Fitur yang satu ini membuat partisipan mesti menunggu terlebih dahulu di dalam "ruang tunggu" sementara sebelum mendapat approval satu demi satu dari host. Dengan demikian, penyelenggara telekonferensi bisa selektif memilih siapa saja yang dibolehkan hadir.

Host bisa memilih apakah ingin mengirim semua peserta ke waiting room terlebih dahulu atau hanya guest saja. 

Cara Mengaktifkan Waiting Room

Pertama-tama buka aplikasi Zoom terlebih dahulu. Kemudian klik ikon gambar Anda yang terletak pada pojok kanan atas layar, lalu pilih "Settings".

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X