Prosesor Intel Core S-Series Tembus Kecepatan 5,3 GHz

Kompas.com - 06/05/2020, 18:43 WIB
Ilustrasi prosesor Intel Core i9 generasi ke-10 Intel CorporationIlustrasi prosesor Intel Core i9 generasi ke-10
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setelah didului berbagai rumor dan bocoran, Intel baru-baru ini meresmikan kehadiran lini prosesor desktop generasi ke-10 (Comet Lake) besutannya yang dinamai Core S-Series.

Prosesor desktop generasi ke-10 dari terdiri dari serangkaian prosesor, mulai dari Celeron, Pentium Gold, Core i3, i5, i7, hingga i9.

Model teratasnya adalah Core i9-10900K yang memiliki 10 inti CPU dan 20 thread. Kecepatan turbonya bisa mencapai 5,3 GHz, dengan base clock hingga 3,7 GHz.

Intel mengklaim Core i9-10900K merupakan prosesor terkencang di dunia untuk keperluan bermain game, selain cocok bagi overclocker yang gemar memompa kinerja prosesor lebih tinggi lagi.

“Prosesor i9-10900K memberikan pengalaman gaming terbaik, dengan lebih banyak kendali, multi-tasking lebih gesit, dan gameplay lebih mulus,” tulis Intel dalam sebuah pengumuman.

Sebagian model prosesor dalam lini prosesor desktop generasi ke-10 dari Intel.Intel Corporation Sebagian model prosesor dalam lini prosesor desktop generasi ke-10 dari Intel.

Intel turut menyediakan Extreme Tuning Utility sehingga overclocker bisa menghidup-matikan hyperthreading di masing-masing inti CPU secara individual demi mengurangi panas.

Baca juga: Intel Luncurkan Prosesor Core H-Series untuk Laptop Gaming

Soal suhu, seri prosesor Core S-Series ini juga memiliki die CPU yang lebih tipis dan integrated heat spreader berbahan tembaga yang lebih tebal untuk menjaga temperatur.

Prosesor desktop Intel generasi ke-10 Core S-Series akan mulai tersedia pada bulan Mei, dimulai dari model-model "K" yang memiliki multiplier tidak dikunci, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (7/5/2020).

Untuk daftar selengkapnya dari prosesor-prosesor yang termasuk dalam lini ini, silakan kunjungi newsroom intel di tautan berikut.



Sumber ENGADGET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X