Gadget Story

Pentingnya Resolusi Kamera Besar di Samsung Galaxy S20 Ultra

Kompas.com - 08/06/2020, 19:07 WIB
Model memegang gawai Samsung S20 saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGModel memegang gawai Samsung S20 saat peluncuran di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Samsung indonesia meresmikan Keluarga Galaxy S20 yang terdiri dari Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra, serta menggelar penjualan perdana ketiga ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). Di luar Pulau Jawa, penjualan perdana dilakukan di Sun Plaza Medan pada 27-29 Maret.

KOMPAS.com - Tren resolusi kamera smartphone dengan sensor besar kini terus mengalami peningkatan, mulai dari 48 MP, kemudian 64 MP, dan sekarang sudah mencapai 108 MP.

Penerapannya pun bukan hanya di kamera utama saja, melainkan juga sudah merambah ke fungsi kamera lain.

Samsung Galaxy S20 Ultra misalnya, ponsel tersebut memiliki kamera wide-angle beresolusi
108 megapiksel dan kamera telephoto 48 megapiksel.

Lantas, seberapa pentingkah sensor dengan resolusi jumbo pada kamera smartphone?

Tech Reviewer dari Jagat Review, Dedy Irvan mengatakan bahwa kamera smartphone dengan
resolusi tinggi sebenarnya adalah cara untuk mengatasi keterbatasan smartphone dalam melakukan zoom.

Baca juga: Cara Membuat Video Ciamik dengan Smartphone ala Reviewer Gadget

"Multi sensor atau multi lensa itu mau gak mau harus diterima untuk sekarang, soalnya kita ada dalam kondisi bahwa kita masih belum bisa bikin lensa zoom dari ultra wide ke tele dengan ukuran yang cukup kecil," ujar Dedy di acara Gadget Story bersama Samsung Galaxy S20, yang disiarkan di kanal YouTube KompasTekno, Jumat (5/6/2020).

Deddy juga mengatakan bahwa setelah melakukan update yang terakhir, perubahan pada ponselnya (Galaxy S20 Ultra) cukup mengalami peningkatan, khususnya dari segi kamera untuk foto dan video.

"Jadi setelah update yang terakhir itu, ternyata sensor yang baru ini membawa perubahan yang lumayan jauh, pas pake S20 Ultra gue liat ada detail yang beda banget, buat video juga keliatan tuh detail di wajah jadi gak ada lagi hasil foto yang highlight nya terlalu terang," ungkapnya.

Galaxy S20 Ultra dalam genggaman.KOMPAS.com/Bill Clinten Galaxy S20 Ultra dalam genggaman.

Adapun kelebihan yang ia rasakan yaitu sensor besar pada kamera Galaxy S20 Ultra mampu menghasilkan efek bokeh ketika memotret objek baik secara jarak jauh maupun dekat.

Baca juga: Update Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra Tingkatkan Kemampuan Kamera

"Ini yang gue suka banget dengan smartphone yang sensor kameranya gede, jadi ada sedikit bokeh di belakang dan itu pentingnya luar biasa, kayak ada sentuhan dept of field, jadi kalo kita motret orang pun setengah badan aja itu belakangnya udah blur," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X