Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh di Smartphone Pixel

Kompas.com - 11/06/2020, 12:30 WIB
ilustrasi Android 11 theverge.comilustrasi Android 11
|
Editor Oik Yusuf

 

KOMPAS.com -  Google merilis sistem operasi Android 11 versi beta yang kini sudah bisa dicoba oleh pengguna ponsel Pixel.

Android 11 versi beta ini sudah bisa dipasang ke perangkat buatan Google yakni Pixel 2,
Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, dan Pixel 4 XL. Peluncuran Android 11 versi beta juga diumumkan Google lewat akun Twitter resminya (@AndroidDev).

Baca juga: Meski Acara Peluncuran Ditunda, Android 11 Tetap Disebar ke Sejumlah Pengguna

Pengguna smartphone Pixel bisa mendaftar sebagai peserta program Beta di tautan berikut agar dapat mengunduh Android 11 versi beta.

Untuk melakukan pembaruan dari sistem operasi Android 11 versi developer preview sebelumnya, pengguna dapat melakukan update secara over-the-air (OTA), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (11/6/2020).

Android 11 versi beta menbawa sejumlah fitur baru. Misalnya, notifikasi untuk percakapan (chat) kini muncul dalam bagian khusus di menu pull-down yang ditarik dari atas layar. Dari sini, pengguna bisa langsung bercakap-cakap dengan lawan bicara.

Google turut menambahkan aneka kemampuan baru untuk tombol daya di luar fungsi standar untuk menyalakan/ mematikan dan restart perangkat. Kebanyakan fungsi baru ini dimaksudkan untuk kendali piranti-piranti di rumah pintar.

Baca juga: Tombol Daya di Android 11 Akan Punya Banyak Fungsi

Kemudian ada one-time permission di mana pengguna bisa mengatur agar aplikasi tertentu hanya mendapatkan akses sebanyak satu kali saja ke aspek-aaspek ponsel seperti kamera, mikrofon, dan lokasi.

Android 11 versi beta pun untuk pertama kalinya menghadirkan fitur screen recorder untuk merekam video aktivitas di layar ponsel. Fitur ini memang sudah lazim ditemukan, tapi sifatnya berupa tambahan dari vendor, bukan bawaan default Android.



Sumber gsmarena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X