5 Fitur Android 11 yang "Dicomot" dari iOS

Kompas.com - 11/06/2020, 14:35 WIB
ilustrasi Android 11 user cnet.comilustrasi Android 11 user
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com -  Google baru saja merilis pembaruan sistem operasi Android 11 versi beta pekan ini untuk para pengguna ponsel Pixel.

Beberapa fitur baru yang Google hadirkan pada Android 11 nampaknya tak asing lagi bagi pengguna perangkat iOS.

Baca juga: Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh di Smartphone Pixel

Seperti dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (11/6/2020), setidaknya terdapat lima fitur pada Android 11 yang "dicomot" dari iOS, atau paling tidak bisa dibilang mirip.

Lalu apa saja fitur yang dianggap serupa dengan milik iOS tersebut? Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Smart Home Control

Pada sistem operasi Android 11, Smart Home Control berfungsi untuk mempermudah akses pengguna ke fitur-fitur tertentu yang berkaitan dengan kendali rumah pintar melalui tombol daya.

Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mengontrol perangkat Smart Home yang terhubung ke Google Home, kapan saja dan dimana saja hanya dengan melalui ponsel Android mereka.

Baca juga: Tombol Daya di Android 11 Akan Punya Banyak Fungsi

Sementara pada perangkat Apple, fitur kontrol perangkat tersebut dinamakan HomeKit
yang sudah tersedia mulai iOS 10.

2. One Time Permission

Di Android 11, pengguna memiliki opsi agar aplikasi hanya dapat mengakses fitur tertentu seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi sebanyak satu kali (one time), alih-alih berlaku seterusnya seperti versi Android terdahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X