Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Rilis Teknologi Charging 125W Serupa Oppo

Kompas.com - 18/07/2020, 17:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone Realme resmi merilis solusi pengisian daya cepat (fast charging) teranyarnya dengan nama "125W UltraDART".

Teknologi ini diperkenalkan perusahaan asal China tersebut tepat satu hari setelah perusahaan induk mereka, Oppo, mengumbar teknologi serupa, tetapi dengan nama berbeda, yakni "125W Flash Charge".

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, turut mengonfirmasi bahwa solusi fast charging yang diusung Realme sendiri sejatinya merupakan teknologi yang sama dengan Oppo.

"Sejujurnya, kami masih berbagi teknologi dengan Oppo. Namun, kami masih bisa menciptakan solusi sendiri," ujar Palson dalam konferensi pers online yang digelar Realme, Jumat (17/7/2020).

Dengan solusi pengisian cepat yang digodok Realme, sebuah smartphone berbaterai 4.000 mAh diklaim bisa terisi sebanyak 33 persen hanya dalam waktu tiga menit.

Paparan teknologi 125W fast charging yang diumumkan Realme.Realme Paparan teknologi 125W fast charging yang diumumkan Realme.
Teknologi yang diusung Oppo sendiri diklaim bisa mengisi daya perangkat dengan kapasitas baterai yang sama sebanyak 41 persen selama waktu lima menit.

Baca juga: Oppo Resmikan Teknologi 125W Fast Charge, Isi Baterai Penuh dalam 20 Menit

Meski demikian, Realme dan Oppo kompak mengklaim perangkat tersebut bisa diisi dayanya hingga 100 persen dalam waktu 20 menit.

Palson melanjutkan bahwa pengisian daya secepat itu diklaim tetap aman bagi smartphone.

Sebab, ketika daya sebuah perangkat diisi dengan adapter charger 125W UltraDART, suhunya dipastikan tak akan mencapai lebih dari 40 derajat celsius.

Adapun pengisian daya 125W UltraDART bisa dilakukan melalui kabel dual Type-C dan mendukung protokol pengisian cepat generasi sebelumnya, seperti VOOC, SuperVOOC, SuperVOOC 2.0, SuperDart, dan Dart Warp.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Redmi 9 di Indonesia

Palson tidak mengumbar perangkat anyar apa saja yang bakal kebagian teknologi 125W UltraDART. Namun, ia berusaha untuk menyematkan teknologi tersebut ke smartphone Realme di beragam segmen.

"Solusi ini akan hadir di smartphone Realme dari aneka segmen. Kami akan segera mengungkap apa saja produk yang didukung oleh teknologi tersebut di Indonesia dalam waktu dekat," pungkas Palson.

Baca juga: Menjajal Xiaomi Redmi 9

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com