Alasan Xiaomi Bidik Milenial dan Mahasiswa di Pasar Indonesia

Kompas.com - 08/09/2020, 16:44 WIB
Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse KOMPAS.com/Oik YusufCountry Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse mengatakan Xiaomi membidik kalangan muda seperti generasi milenial dan mahasiswa di Indonesia, sebagai pasar potensial di masa mendatang.

Bukan tanpa alasan, Alvin memandang bahwa para konsumen ini merupakan calon kelas menengah baru di Indonesia, yang bakal memiliki beragam kebutuhan, termasuk untuk smart living dan gaya hidup

“Saya pikir Xiaomi punya posisi bagus untuk menangkap peluang dari kebutuhan ini,” ujar Alvin dalam wawancara via telekonferensi dengan KompasTekno, Rabu (3/9/2020).

Baca juga: Xiaomi Diprediksi Salip Apple Tahun Depan

Alvin membandingkan potensi middle class di Indonesia dengan China yang mengalami pertumbuhan kelas menengah eksponensial dalam beberapa dekade terakhir. Menurut dia, hal yang sama juga bakal terjadi di Indonesia.

Awal tahun ini, dalam laporan berjudul “Aspiring Indonesia - Expanding the Middle Class”, Bank Dunia memperkirakan bahwa sebanyak 45 persen populasi atau 115 juta orang Indonesia berpotensi menjadi kelas menengah dan penggerak ekonomi.

Disebutkan bahwa, dalam periode 15 tahun terakhir, jumlah populasi kelas menengah Indonesia mengalami pertumbuhan dari 7 persen menjadi 20 persen atau sekitar 52 juta orang.

Baca juga: Xiaomi Redmi 9C Meluncur di Indonesia 9 September

Sebagai pasar smartphone terbesar keempat di dunia, potensi Indonesia pun masih sangat besar. Alvin merujuk pada angka penetrasi ponsel pintar di Indonesia yang menurut dia masih berkisar di 60 persen. Artinya, ada banyak ruang untuk bertumbuh.

“Bandingkan dengan pasar yang lebih developed seperti Hong Kong, penetrasinya bisa 120 persen karena banyak orang yang punya dua smartphone,” ujar Alvin. “Dalam hal saturasi pasar, Indonesia jauh dari itu, kami masih melihat pertumbuhan yang tinggi,” imbuh Alvin.

Segitiga bisnis penopang Xiaomi

Faktor lainnya adalah kebiasaan kaum muda yang akrab dengan dunia digital, media sosial, dan aneka macam gadget sehingga cocok dengan profil Xiaomi. Selain hardware, Alvin mengatakan Xiaomi berencana menawarkan produk layanan internet ke konsumen.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X