PS4 Anda Jadi Lambat? Begini Trik Supaya Kembali Kencang

Kompas.com - 15/09/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi controller Dualshock 4 untuk PS4. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi controller Dualshock 4 untuk PS4.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, performa konsol game PlayStation 4 ( PS4) bisa saja menurun, apalagi jika pengguna memasang (install) banyak game hingga media penyimpanan (hard disk drive/HDD) penuh.

Meski demikian, Anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan pemeliharaan sistem (maintenance) lewat sebuah proses yang dijuluki rebuild database.

Seperti namanya, proses ini bertujuan untuk menata ulang database sistem PS4, sekaligus  menghapus berbagai file sampah, berikut file corrupt, yang tersimpan di HDD namun tidak dibutuhkan lagi.

Sehingga, database sistem PS4 akan rapi, serta HDD bisa membaca aneka game dan file yang tersimpan secara optimal tanpa hambatan.

Proses ini sendiri diklaim tidak akan menghapus beragam file penting, seperti game, save file, serta konten media yang tersimpan di PS4.

Namun, apabila Anda ragu, Anda bisa mencadangkan (backup) file dan sistem PS4 terlebih dahulu ke HDD eksternal. Proses backup bisa dilakukan dengan mengunjungi menu "Settings" > "System" > dan "Back Up and Restore".

Lantas, bagaimana cara mempercepat performa PS4 melalui proses rebuild database tadi?

Baca juga: Harga Game PS5 dan Xbox Series X Menurut Prediksi Analis

Cara mempercepat PS4

Pertama-tama, pastikan PS4 dalam keadaan mati (turned off). Kemudian, tekan dan tahan tombol power hingga PS4 mengeluarkan bunyi "beep" sebanyak dua kali.

Beberapa saat kemudian, PS4 Anda akan menyala dan Anda akan disodorkan dengan halaman Safe Mode.

Tampilan awal Safe Mode di PS4.AndroidCentral Tampilan awal Safe Mode di PS4.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X