Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Nomor Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri

Kompas.com - 23/09/2020, 12:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyalurkan subsidi kuota internet untuk pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik di seluruh Indonesia pada akhir September ini.

Kemendikbud bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menyalurkan bantuan ini secara bertahap. Rencananya, pembagian kuota dilakukan selama empat bulan, terhitung mulai bulan September hingga Desember 2020.

Kuota yang dibagikan terdiri dari dua jenis, pertama adalah kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs apa pun. Kedua adalah kuota belajar yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi serta situs penunjang belajar.

Baca juga: Ini Tahapan Penyaluran Kuota Internet Gratis untuk Pelajar dan Guru

Misalnya Quipper, Ruangguru, platform konferensi video seperti Google Meet, Zoom, serta 401 situs perguruan tinggi di Indonesia. Keseluruhan daftar aplikasi dan situs yang bisa diakses bisa dilihat di laman berikut ini.

Bantuan kuota dibagi menjadi beberapa kategori menurut jenjang pendidikan. Peserta didik jenjang PAUD akan mendapatkan jatah kuota 20 GB per bulan yang dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar.

Sementara jenjang SD dan Menengah mendapat bantuan kuota sebesar 35 GB per bulan. Kuota itu dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar. Untuk pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat jatah 42 GB per bulan.

Kuota tersebut dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota kota belajar. Sedangkan dosen dan mahasiswa mendapat kuota sebesar 50 GB yang dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Baca juga: Kuota Belajar Online Bisa Zoom Meetings dan Google Meet Berapa Jam?

Untuk mendapatkan kuota subsidi, nomor harus lebih dulu terdaftar di Dapodik. Pelajar atau mahasiswa bisa menghubungi pihak sekolah atau kampus untuk mendaftarkannya. Jika sudah terdaftar, subsidi kuota bisa dicek melalui cara berikut:

Telkomsel

Bagi siswa atau mahasiswa pengguna Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U sudah terdaftar di Dapodik, mereka akan menerima SMS pemberitahuan yang dikirim oleh pengirim Telkomsel.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui soal Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Pengecekan bantuan kuota data internet bagi pelanggan Telkomsel dapat diakses melalui menu dial *888# dan aplikasi MyTelkomsel. Jika sudah menerima, siswa atau mahasiswa akan menerima informasi pembagian kuota data seperti yang dibagikan pengguna Twitter berikut:

Tri

Pengguna Tri juga bisa mengecek kuota belajar dari pemerintah melalui nomor USSD *123*10*3#. Bisa juga dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang nantinya akan muncul informasi di kolom 'kuota aplikasi dan edukasi' seperti yang diunggah pengguna Twitter berikut:

XL Axiata/Axis

Pengguna Axis dan XL bisa melakukan pengecekan kuota belajar dari Kemendikbud melalui nomor *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota dan pilih paket Terus Belajar.

Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi myXL dan AxisNet seperti yang diunggah pengguna Twitter berikut:

Baca juga: Sudah Daftar Tapi Belum Terima Kuota Belajar Kemendikbud? Ini Sebabnya

Indosat Ooredoo

Untuk pelajar, mahasiswa, atau pendidik yang menggunakan layanan Indosat Ooredoo bisa mengecek subsidi kuota belajar melalui aplikasi myIM3. Bisa juga melalui nomor USSD *123*075# kemudian pilih nomor 1.

Salah satu pengguna Indosat membagikan tampilan informasi kuota belajar seperti di bawah ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com