Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Nomor Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri

Kompas.com - 23/09/2020, 12:24 WIB
Sejumlah siswa SDN Marmoyo mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (22/7/2020). Banyaknya siswa yang tidak punya gawai dan akses jaringan internet menjadi kendala utama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bagi pelajar yang tinggal serta sekolah di daerah pelosok Kabupaten Jombang, sehingga mereka harus mengerjakan tugas secara berkelompok dan menumpang di rumah warga yang bisa mengakses jaringan internet. ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIFSejumlah siswa SDN Marmoyo mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (22/7/2020). Banyaknya siswa yang tidak punya gawai dan akses jaringan internet menjadi kendala utama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bagi pelajar yang tinggal serta sekolah di daerah pelosok Kabupaten Jombang, sehingga mereka harus mengerjakan tugas secara berkelompok dan menumpang di rumah warga yang bisa mengakses jaringan internet.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) mulai menyalurkan subsidi kuota internet untuk pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik di seluruh Indonesia pada akhir September ini.

Kemendikbud bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menyalurkan bantuan ini secara bertahap. Rencananya, pembagian kuota dilakukan selama empat bulan, terhitung mulai bulan September hingga Desember 2020.

Kuota yang dibagikan terdiri dari dua jenis, pertama adalah kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs apa pun. Kedua adalah kuota belajar yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi serta situs penunjang belajar.

Baca juga: Ini Tahapan Penyaluran Kuota Internet Gratis untuk Pelajar dan Guru

Misalnya Quipper, Ruangguru, platform konferensi video seperti Google Meet, Zoom, serta 401 situs perguruan tinggi di Indonesia. Keseluruhan daftar aplikasi dan situs yang bisa diakses bisa dilihat di laman berikut ini.

Bantuan kuota dibagi menjadi beberapa kategori menurut jenjang pendidikan. Peserta didik jenjang PAUD akan mendapatkan jatah kuota 20 GB per bulan yang dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar.

Sementara jenjang SD dan Menengah mendapat bantuan kuota sebesar 35 GB per bulan. Kuota itu dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar. Untuk pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat jatah 42 GB per bulan.

Kuota tersebut dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota kota belajar. Sedangkan dosen dan mahasiswa mendapat kuota sebesar 50 GB yang dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Baca juga: Kuota Belajar Online Bisa Zoom Meetings dan Google Meet Berapa Jam?

Untuk mendapatkan kuota subsidi, nomor harus lebih dulu terdaftar di Dapodik. Pelajar atau mahasiswa bisa menghubungi pihak sekolah atau kampus untuk mendaftarkannya. Jika sudah terdaftar, subsidi kuota bisa dicek melalui cara berikut:

Telkomsel

Bagi siswa atau mahasiswa pengguna Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U sudah terdaftar di Dapodik, mereka akan menerima SMS pemberitahuan yang dikirim oleh pengirim Telkomsel.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui soal Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X