DxOMark Rilis Skor Kamera Galaxy Note 20 Ultra

Kompas.com - 07/10/2020, 17:01 WIB
Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy S20 Ultra cnet.comSamsung Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy S20 Ultra
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Situs benchmarking kamera, DxOMark, baru-baru ini merilis ulasan lengkap kinerja fotografi dari ponsel flagship terbaru Samsung, yaitu Galaxy Note 20 Ultra.

Berdasarkan laporan, Galaxy Note 20 Ultra menduduki posisi ke-10 dalam daftar kamera ponsel terbaik versi DxOMark, dengan skor keseluruhan 121 poin. Galaxy Note 20 Ultra memiliki skor foto sebesar 130 poin dan video 101 poin.

Skor yang diperoleh tersebut masih lebih rendah dari flagship Samsung sebelumnya, Galaxy S20 Ultra yang satu posisi lebih unggul dengan skor foto sebesar 132 poin dan video 102 poin.

Baca juga: Terungkap, Harga Asli Galaxy Note 20 Ultra Hanya Rp 8,2 Juta

Salah satu yang menjadi kelemahan Galaxy Note 20 Ultra, menurut DxOMark, adalah kinerja autofocus yang kurang maksimal di kondisi pencahayaan yang minim (low-light).

Sementara untuk kinerja zoom, gambar yang dihasilkan dinilai kurang tajam dan memiliki detail warna yang kurang baik sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (7/10/2020).

Terlepas dari beberapa kekurangan tersebut, hasil jepretan Galaxy Note 20 Ultra secara keseluruhan dinilai cukup baik. Kualitas warna yang ditampilkan pun disebut mendekati aslinya dan minim noise.

Skor kamera Galaxy Note 20 Ultra versi DxOMark untuk foto dan perekaman videoDxOMark Skor kamera Galaxy Note 20 Ultra versi DxOMark untuk foto dan perekaman video

 

Pemotretan dengan mode bokeh dan night mode juga diklaim menghasilkan exposure yang baik dan warna yang tajam meski dalam kondisi minim cahaya.

Untuk kinerja lensa wide dan ultra wide, DxOMARK mencatat bahwa hasil gambar yang ditampilkan memiliki pencahayaan yang akurat, autofocus berfungsi secara maksimal, dan  hampir menyamai hasil bidikan dari Galaxy S20 Ultra.

Color rendering tercatat menjadi kekuatan kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Menurut DXOMark, warna-warna cerah yang dihasilkan memiliki tingkat saturasi yang tinggi.

"Dalam kondisi luar ruangan, warna pada kamera Note 20 Ultra lebih cerah dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max. Meskipun mirip dengan Mi 10 Ultra, warna hijau dan biru sedikit lebih banyak ditemukan pada perangkat Samsung," tulis DxOMark.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 Ultra Bisa Rekam Video 120 Fps, Apa Fungsinya?

Lalu, bagaimana untuk perekaman video? Dengan skor 101 poin, perekaman video dengan resolusi 4K (30fps), kinerja Galaxy Note 20 Ultra dinilai masih kurang andal dibandingkan flagship lainnya seperti Galaxy S20 Ultra, Xiaomi Mi 10 Ultra, dan iPhone 11 Pro Max.

DxOMark menyebut bahwa fitur penstabil video terkadang kurang efektif ketika ponsel tersebut dipakai untuk merekam objek dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Galaxy Note 20 Ultra sendiri dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera wide angle 108 MP (f/1.8), kamera telephoto 12 MP (f/3.0), dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.2). Bedanya dari Note 20 "reguler", Galaxy Note 20 Ultra dilengkapi sensor Laser AF.

Untuk melihat ulasan kamera Galaxy Note 20 Ultra versi DxOMark secara lengkap, silakan kunjungi tautan berikut.

 



Sumber gsmarena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X