Terungkap, Harga Asli Galaxy Note 20 Ultra Hanya Rp 8,2 Juta

Kompas.com - 12/09/2020, 17:18 WIB
S Pen memiliki warna senada dengan unit Galaxy Note 20 Ultra varian Mystic Bronze yang diterima KompasTekno. Bagian depan dan belakang ponsel berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus. Finishing di punggung berjenis matte sehingga terasa tidak licin sekaligus tak mudah ternoda sidik jari. 
KOMPAS.com/ OIK YUSUFS Pen memiliki warna senada dengan unit Galaxy Note 20 Ultra varian Mystic Bronze yang diterima KompasTekno. Bagian depan dan belakang ponsel berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus. Finishing di punggung berjenis matte sehingga terasa tidak licin sekaligus tak mudah ternoda sidik jari.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada awal Agustus lalu, ponsel Galaxy Note 20 Ultra dari Samsung dijual dengan harga belasan juta rupiah. Namun, "harga asli" untuk komponennya ternyata jauh lebih rendah.

Setidaknya itulah hasil temuan firma riset Counterpoint Research. Dalam laporan terbarunya, Counterpoint membeberkan seluruh biaya komponen Galaxy Note 20 Ultra 5G, seperti system-on-chip;, kamera, dan lain-lain, berikut biaya perakitan secara rinci.

Baca juga: Video Samsung Galaxy Note 20 Ultra Disayat Pisau dan Dibakar, Setangguh Apa ?

Berdasarkan laporan tersebut, chip modem Snapdragon X55 berikut rangkaian pendukung konektivitas 5G milimeter wave di Galaxy Note 20 Ultra 5G menjadi komponen termahal dengan biaya 97,2 dolar AS atau sekitar Rp 1,45 juta.

Selanjutnya, layar Dyanmic AMOLED Galaxy Note 20 Ultra 5G yang berdiagonal 6,8 inci dengan refresh rate 120 Hz adalah komponen termahal kedua setelah chip modem, dengan harga 91,5 dolar AS atau sekitar Rp 1,3 juta.

Ada pula komponen memori (RAM 12 GB dan storage 128 GB) dengan harga 61,5 dolar AS (sekitar Rp 919.000), 60,3 dolar AS (sekitar Rp 901.000) untuk modul kamera, serta 57 dolar AS (sekitar Rp 850.000) untuk chip Snapdragon 865 Plus.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra Versi Indonesia

Counterpoint mencatat bahwa biaya perakitan (assembly) dan pengujian (testing) Galaxy Note 20 Ultra 5G berkisar di angka 18,7 dolar AS atau sekitar Rp 280.000 sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Counterpoint Research, Sabtu (12/9/2020).

Meski demikian, selain Bill of Materials (BOM) seperti tersebut di atas, biaya-biaya lain seperti ongkos tenaga kerja, biaya pemasaran serta riset, dan lain sebagainya tentu juga harus turut diperhitungkan dalam menentukan harga jual ponsel

Laporan Counterpoint yang memaparkan harga seluruh komponen Galaxy Note 20 Ultra 5G secara lengkap bisa disimak di tautan berikut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X