Cara Mematikan "Update" Otomatis di Windows 10

Kompas.com - 13/10/2020, 19:14 WIB
Ilustrasi OS Windows 10. BloombergIlustrasi OS Windows 10.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pembaruan otomatis ( automatic updates) biasanya bisa membuat komputer atau laptop lebih gesit dan aman. Namun, tak sedikit yang menganggap bahwa fitur tersebut sedikit mengganggu.

Masalah inilah yang kerap ditemukan oleh para pengguna Windows 10. Sistem operasi tersebut memang memiliki fitur pembaruan otomatis yang tidak terduga.

Hal ini justru membuat para pengguna merasa tidak nyaman dengan keberadaan update otomatis di Windows 10.

Misalnya, apabila koneksi internet yang digunakan berasal dari ponsel (via tethering), maka update otomatis inibisa menguras kuota pengguna tanpa disadari.

Selain itu, fitur update secara berkala ini biasanya menganjurkan penggunanya untuk mematikan dan menghidupkan (restart) komputer, sehingga mereka yang sedang bekerja bisa saja terganggu.

Baca juga: Cara Menjalankan Hotspot Wi-Fi dari PC dan Laptop Windows 10

Nah, kali ini KompasTekno ingin membahas cara atau trik untuk mematikan fitur automatic updates, terutama di komputer/laptop yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Berikut ini adalah langkah langkah mematikan update di Windows 10.

Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.
Pertama-tama, klik menu "Start" kemudian masuk ke menu pengaturan (settings) dengan menekanklik ikon yang menyerupai "gir".

Atau bisa juga dengan mengetikkan kata kunci (keyword) "Settings" di kolom pencarian yang berada di sebelah tombol Start. Kemudian tekan tombol "Enter".

Nantinya, Anda akan disodori dengan berbagai menu pengaturan komputer. Di sini, pilih menu "Update & Security".

Baca juga: Mengenang Windows ME, Sistem Operasi Gagal Keluaran 20 Tahun Lalu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X