Netflix "Lemot" di IndiHome, Pelanggan Duga Koneksi Dicekik

Kompas.com - 14/10/2020, 10:28 WIB
ilustrasi Netflix dan YouTube www.ft.comilustrasi Netflix dan YouTube

KOMPAS.com - Sejumlah pelanggan IndiHome mengeluhkan beberapa masalah saat mengakses Netflix lewat penyedia layana internet (ISP) milik Telkom Group itu.

Akses Netflix lewat IndiHome dikeluhkan lemot atau lambat akhir-akhir ini, dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Hal ini pun membuat pelanggan menduga akses Netflix "dicekik" oleh IndiHome.

Ada pula pengguna yang mengaku sering mengalami buffering tiap beberapa menit sekali atau resolusi videonya menurun, sehingga gambar pecah-pecah. Seperti yang dialami salah satu pengguna IndiHome, Ariesa.

Baca juga: Layanan Zoom Error di Jaringan IndiHome, Telkom Investigasi

"Kalau IndiHome loading resolusi HD bisa hampir 15 menitan, sering buffering juga," kata Ariesa kepada KompasTekno.

Bahkan, ada pula yang mengaku tidak bisa membuka Netflix lewat browser. Keluhan itu disampaikan pengguna IndiHome @_matarx di Twitter.

Sejumlah pegguna lain yang merasakan masalah serupa juga berkeluh kesah di Twitter dengan menyebut (mention) akun resmi @TelkomCare atau @IndiHome.

Namun, beberapa jawaban dari layanan konsumen meminta pengguna untuk menginformasikan kendalanya lewat pesan langsung (DM), jawaban standar yang memang sering digunakan jika ada kendala koneksi.

KompasTekno juga menjajal mengakses Netflix lewat jaringan IndiHome. Namun nampaknya kendala ini tidak merata.

Beberapa pengguna memang mengalami akses yang lambat dan sering terjadi buffering. Namun ada pula yang tidak mengalami masalah tersebut, hanya resolusinya yang turun.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet untuk Menonton Netflix dan Disney Plus

KompasTekno telah menghubungi Telkom Group untuk meminta penjelasan akan hal ini. Belum ada respons dari Telkom Group saat berita ini ditayangkan. Informasi akan diperbarui setelah pihak Telkom memberikan penjelasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X