Cara Mudah Menghubungkan PC, Mac, Android, dan iPhone ke TV Via Chromecast

Kompas.com - 24/10/2020, 16:37 WIB
Sebuah Chromecast Ultra yang diluncurkan pada tahun 2016 lalu GSMArenaSebuah Chromecast Ultra yang diluncurkan pada tahun 2016 lalu


KOMPAS.com - Jika Anda ingin menonton video melalui streaming di layar yang lebih besar selain laptop, Anda bisa menggunakan Google Chromecast di televisi.

Perangkat ini pada dasarnya adalah dongle TV yang memungkinkan pengguna melakukan streaming video online dari smartphone, tablet, atau laptop ke layar televisi, selama terhubung dalam jaringan yang sama.

Dalam artikel ini, Kompastekno akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Chromecast di TV, PC, Mac, iPhone, dan Android.

Sebelum mengetahui cara pemasangan dan penggunaan Chromecast, pastikan televisi Anda memiliki port HDMI.

Chromecast terhubung dengan TV melalui koneksi HDMI, dan mendapatkan sumber daya dari port USB atau colokan listrik AC.

Hubungkan chromecast ke jaringan WiFi

Sebelum menghubungkan perangkat lain dengan Chromecast, pertama-tama Anda perlu menyambungkan Chromecast ke jaringan Wifi. Anda bisa menggunakan wifi rumah atau kantor.

Baca juga: Chromecast Ultra Generasi Terbaru Berbasis Android TV dan Punya Remote

Kemudian, pastikan bahwa ponsel yang akan Anda gunakan nanti juga berada pada jaringan Wi-Fi yang sama dengan Chromecast.

Selanjutnya, download aplikasi Google Home dari Google Play Store atau AppStore.

Kemudian buka aplikasi Google Home dari ponsel kemudian Anda bisa menambah perangkat, pilih opsi siapkan perangkat baru dan ikuti petunjuk di layar ponsel.

Cara menggunakan Chromecast di PC

Untuk menyambungkan PC dengan televisi melalui Chromecast, pengguna bisa memanfaatkan browser Google Chrome yang ada di PC. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber makeusof
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X