Upload Foto ke Instagram Bisa Tanpa Buka Aplikasi, Begini Caranya

Kompas.com - 26/10/2020, 13:20 WIB
ilustrasi Instagram user cnet.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Mengunggah foto di Instagram kini bisa dilakukan secara langsung lewat home screen tanpa harus membuka aplikasi.

Pasalnya, Instagram kini memiliki shortcut alias jalan pintas sebagai akses cepat untuk mengunggah foto, video, hingga melihat notifikasi.

Tidak hanya mengunggah foto atau video, ada pula jalan pintas untuk mengakses fitur lain seperti direct message (pesan langsung), view activity (melihat aktivitas), dan kamera.

Untuk masuk ke dalam akses cepat ini, cukup tekan dan tahan ikon aplikasi Instagram. Nantinya akan muncul sejumlah opsi dan pilih fitur apa saja yang ingin dibuatkan jalan pintas seperti ilustrasi di bawah ini.

Tangkapan layar shortcut fitur Instagram utnuk akses lebih cepat tanpa harus membuka aplikasi utama Instagram.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar shortcut fitur Instagram utnuk akses lebih cepat tanpa harus membuka aplikasi utama Instagram.
Pengguna Android kini sudah bisa mencobanya. Namun, jika belum tersedia di ponsel Anda,  cobalah perbarui aplikasi Instagram di Play Store terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Membuat Etalase yang Menarik di Instagram Shopping

Dengan cara ini, pengguna bisa langsung masuk ke dalam fitur tanpa harus membuka aplikasi utama Instagram.

Cara ini sebenarnya sudah diuji coba sejak tahun 2019 lalu. Sejak tahun 2016, Android memang mendukung aplikasi yang berjalan di platformnya untuk membuat shortcut sejumlah fitur utama mereka.

Namun, belum banyak aplikasi populer seperti Instagram yang mengimplementasikan shortcut tersebut.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Senin (26/10/2020), Instagram juga menyiapkan fitur baru yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Fitur tersebut adalah arsip Story yang akan dibagi menjadi tiga seksi, yakni galeri dengan urutan kronologi terbail seperti yang sudah ada saat ini, kalender, dan juga peta.

Fitur arsip story yang sedang dikembangkan Instagram.Android Police Fitur arsip story yang sedang dikembangkan Instagram.

Khusus untuk peta hanya Story yang tersimpan dan bisa dilihat lewat map adalah Story yang menyantumkan location saja. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan Instagram secara merata.

Baca juga: 10 Aplikasi Android dan iOS untuk Bikin Instagram Stories Lebih Menarik




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X