Dapat Sertifikat TKDN, iPhone 12 Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 29/10/2020, 10:07 WIB
Ilustrasi lima varian warna iPhone 12. AppleIlustrasi lima varian warna iPhone 12.

KOMPAS.com - Apple tengah bersiap memboyong ponsel terbarunya, iPhone 12 ke Indonesia. Alasan ini diperkuar dengan terbitnya sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri ( TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk iPhone 12.

Sertifikat TKDN iPhone 12 di situs resmi Kemenperin bernomor 1030/SJ-IND.8/TKDN/10/2020, dan dikeluarkan pada 27 Oktober 2020. Pada kolom merek dan tipe, terdapat empat ponsel yang masing-masing telah mengantongi nilai TKDN 30 persen.

Adapun keempat ponsel tersebut terdiri dari iPhone model A2399 (iPhone 12), iPhone model A2403 (iPhone 12 Mini), iPhone model A2407 (iPhone 12 Pro), dan iPhone model A2411 (iPhone 12 Pro Max).

Sebagai informasi, bobot TKDN sebesar paling tidak 30 persen adalah salah satu syarat bagi ponsel 4G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 di Mata Para Pengulas Gadget

Tangkapan layar sertifikasi lini iPhone 12 di laman TKDN Kementerian PerindustrianKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tangkapan layar sertifikasi lini iPhone 12 di laman TKDN Kementerian Perindustrian

Selain sertifikat TKDN, perangkat 4G yang beredar di Indonesia juga harus memiliki sertifikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pantauan KompasTekno di situs resmi Dirjen SDPPI, sertifikat untuk iPhone 12 belum muncul. Kemungkinan perangkat tersebut sedang menjalani pengujian.

Jika sertifikat tersebut diterbitkan pada Oktober ini, kemungkinan besar iPhone 12 bakal masuk Indonesia pada akhir tahun, atau lebih cepat dari prediksi analis, yakni awal 2021.

Baca juga: Mesin CEIR Penuh, iPhone 12 Diprediksi Masuk Indonesia 2021

Apple sendiri telah meluncurkan jajaran iPhone 12 pada 14 Oktober lalu. Keempat perangkat tersebut kompak ditenagai dengan chipset terkuat besutan perusahaan, Apple A14 Bionic, yang sudah dilengkapi dengan dukungan 5G.

Kendati demikian, jajaran ponsel tersebut diprediksi hanya akan mendukung koneksi internet 4G, mengingat jaringan 5G di Indonesia yang memang belum terimplementasi.

Spesifikasi iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X