Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bikin Mesin Pencari Pengganti Google?

Kompas.com - 30/10/2020, 15:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google dikabarkan membayar Apple agar mesin pencarinya terpasang secara default di semua perangkat Apple.

Google disebut membayar 8-12 miliar dollar AS atau sekitar Rp 118-177 triliun setiap tahun demi menghadirkan search engine miliknya di iPhone dkk.

Saat ini, Apple dikabarkan tengah mengembangkan mesin pencariannya sendiri agar tidak bergantung dengan Google.

Baca juga: Google Dituding Bayar Apple Rp 175 Triliun demi iPhone

Rumor serupa sebenarnya sudah muncul sejak tahun 2014. Pada tahun 2015, Apple sempat mengonfirmasi keberadaan mesin crawling Applebot yang digunakan untuk mengindeks situs.

Selain agar lebih mandiri, tudingan monopoli yang dialamatkan oleh Departemen Kehakiman AS (DOJ) terhadap Google kabarnya turut mendorong Apple membuat mesin pencariannya sendiri.

Sebab, seperti dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (30/10/2020), gugatan DOJ bisa mengakibatkan Google dilarang membayar Apple. Sehingga, Apple pun berpotensi kehilangan pendapatan miliaran dollar AS tersebut dan mesti mencari alternatif Google.

Salah satu tanda-tanda Apple mengembangkan mesin pencari adalah iOS 14 di iPhone yang kini mulai menunjukkan hasil search sendiri, berikut tautan langsung ke situs-situs web, apabila pengguna melakukan pencarian dari home screen.

Baca juga: Harga Aplikasi Apple App Store di Indonesia Bakal Naik

Menurut beberapa pengamat industri, kemampuan penelusuran web di iOS 14 tersebut menandai kemajuan penting pengembangan mesin pencarian Apple.

Selain itu, beredar juga kabar bahwa Applebot belakangan mengalami kenaikan crawl rate -angka kunjungan ke situs-situs untuk memperbarui database- secara signifikan sehingga memperkuat dugaan pengembangan search engine.

Keseriusan Apple semakin tercium kala merekrut John Giannandrea, mantan kepala pencrian dan kecerdasan buatan Google pada tahun 2018. Mantan eksekutif Google, Bill Coughran yang kini bekerja di Sequoia Capital, ikut mengomentari isu ini.

"Mereka (Apple) memiliki tim yang luar biasa yang saya pikir memiliki pengalaman dan kedalaman, jika mereka menginginkannya untuk mengembangkan mesin pencarian yang lebih umum," kata Coughran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com