Apple Bikin Mesin Pencari Pengganti Google?

Kompas.com - 30/10/2020, 15:02 WIB
ilustrasi Apple reuters.comilustrasi Apple

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google dikabarkan membayar Apple agar mesin pencarinya terpasang secara default di semua perangkat Apple.

Google disebut membayar 8-12 miliar dollar AS atau sekitar Rp 118-177 triliun setiap tahun demi menghadirkan search engine miliknya di iPhone dkk.

Saat ini, Apple dikabarkan tengah mengembangkan mesin pencariannya sendiri agar tidak bergantung dengan Google.

Baca juga: Google Dituding Bayar Apple Rp 175 Triliun demi iPhone

Rumor serupa sebenarnya sudah muncul sejak tahun 2014. Pada tahun 2015, Apple sempat mengonfirmasi keberadaan mesin crawling Applebot yang digunakan untuk mengindeks situs.

Selain agar lebih mandiri, tudingan monopoli yang dialamatkan oleh Departemen Kehakiman AS (DOJ) terhadap Google kabarnya turut mendorong Apple membuat mesin pencariannya sendiri.

Sebab, seperti dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (30/10/2020), gugatan DOJ bisa mengakibatkan Google dilarang membayar Apple. Sehingga, Apple pun berpotensi kehilangan pendapatan miliaran dollar AS tersebut dan mesti mencari alternatif Google.

Salah satu tanda-tanda Apple mengembangkan mesin pencari adalah iOS 14 di iPhone yang kini mulai menunjukkan hasil search sendiri, berikut tautan langsung ke situs-situs web, apabila pengguna melakukan pencarian dari home screen.

Baca juga: Harga Aplikasi Apple App Store di Indonesia Bakal Naik

Menurut beberapa pengamat industri, kemampuan penelusuran web di iOS 14 tersebut menandai kemajuan penting pengembangan mesin pencarian Apple.

Selain itu, beredar juga kabar bahwa Applebot belakangan mengalami kenaikan crawl rate -angka kunjungan ke situs-situs untuk memperbarui database- secara signifikan sehingga memperkuat dugaan pengembangan search engine.

Keseriusan Apple semakin tercium kala merekrut John Giannandrea, mantan kepala pencrian dan kecerdasan buatan Google pada tahun 2018. Mantan eksekutif Google, Bill Coughran yang kini bekerja di Sequoia Capital, ikut mengomentari isu ini.

"Mereka (Apple) memiliki tim yang luar biasa yang saya pikir memiliki pengalaman dan kedalaman, jika mereka menginginkannya untuk mengembangkan mesin pencarian yang lebih umum," kata Coughran.



Sumber 9to5mac
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X