Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Aplikasi Apple App Store di Indonesia Bakal Naik

Kompas.com - 27/10/2020, 09:22 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple mengumumkan akan menaikkan harga pembelian di toko aplikasi App Store miliknya di sejumlah negara, termasuk di Indonesia, dalam beberapa hari ke depan.

Langkah Apple ini adalah imbas dari aturan pemerintah Indonesia yang mulai menerapkan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), terhadap transaksi perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE), per 1 September lalu.

"Saat pajak atau nilai tukar uang berubah, kami terkadang perlu memperbarui harga di App Store," tulis Apple dalam situs resmi untuk para pengembang aplikasi.

Selain di Indonesia, Apple juga menaikkan harga aplikasi di sejumlah negara lain, seperti Brasil, Kolombia, India, Rusia, dan Afrika Selatan.

Baca juga: Apple, Facebook, dan TikTok Dikenai PPN 10 Persen Mulai 1 September

Kenaikan tersebut akan berpengaruh pada harga pembelian aplikasi, dan konten di dalam aplikasi (in-app purchase) pada App Store. Meski demikian, harga berlangganan layanan seperti Apple Music dan iCloud tidak ikut terpengaruh oleh kebijakan baru ini.

Apple sendiri di Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang dinilai telah memenuhi kriteria sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Oleh karena itu Apple wajib membayar PPN sebesar 10 persen dari harga sebelum pajak.

Di luar enam negara tersebut di atas, Apple kabarnya turut menyesuaikan harga baru di beberapa negara, seperti di Islandia dan Albania, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5mac, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Indonesia Dapat Pemasukan Rp 97 Miliar dari Pajak Netflix, Spotify, dkk

Apple menyebut bahwa penyesuaian tarif harga baru akan berlaku secara efektif dalam beberapa hari ke depan.

Terkait penyesuaian harga tersebut, Apple turut mengimbau para pengembang untuk mengecek informasi harga baru yang dapat diakses melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com