3 Bulan Main Game dengan Xiaomi Black Shark 3, Ini Kesannya

Kompas.com - 11/11/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi daftar game yang terpasang di Black Shark 3. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi daftar game yang terpasang di Black Shark 3.

KOMPAS.com - Smartphone gaming Black Shark 3 resmi dijual di Indonesia beberapa waktu lalu.

Ponsel tersebut merupakan suksesor dari Black Shark 2 yang dirilis tahun lalu dan membawa sejumlah peningkatan, terutama di segi hardware yang kini mengandalkan chipset Snapdragon 865.

Dengan chipset demikian, ditambah aneka fitur penunjang seperti sistem pendingin bermodel "sandwich", ponsel tersebut diklaim nyaman dipakai untuk bermain game kelas atas yang rakus resource hardware.

Baca juga: Pengalaman Memakai Fitur-fitur Ponsel Game Black Shark 3, Sebagus Apa?

Nah, untuk membuktikan performanya, kami menjajal Black Shark 3 selama kurang lebih 3 bulan lamanya untuk bermain aneka game populer.

Adapun game yang kami mainkan mencakup Genshin Impact, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Free Fire, Asphalt 9, League of Legends: Wild Rift, Mobile Legends: Bang-bang, Arena of Valor, Ragnarok M: Eternal Love, dan The Seven Deadly Sins: Grand Cross.

Perlu dicatat, varian Black Shark 3 yang kami pakai untuk bermain game adalah varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang kini dibanderol dengan harga Rp 8 juta, lebih murah Rp 3 juta dibanding harga peluncuran.

Di Tanah Air, Black Shark sendiri turut memasarkan varian RAM dan storage yang lebih tinggi, yakni 12 GB/256 GB dengan harga Rp 12 juta. Lantas, apakah RAM 8 GB cukup untuk bermain game?

Genshin Impact "rata kanan"

Game pertama yang kami uji coba tentu saja adalah game petualangan berbasis open world yang kini tengah "naik daun", yaitu Genshin Impact.

Di Black Shark 3, game tersebut bisa dimainkan dengan lancar di pengaturan grafis tertinggi (Highest), berikut frame rate 60 fps. Di dunia game, pengaturan seperti ini biasa dijuluki dengan "rata kanan".

Tampilan dan pengaturan grafis game Genshin Impact yang berjalan di Black Shark 3.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan dan pengaturan grafis game Genshin Impact yang berjalan di Black Shark 3.

Nah, ketika dimainkan, game besutan MiHoYo ini berjalan dengan mulus tanpa adanya stuttering atau lag, meski dimainkan selama 1 - 3 jam.

Perlu diketahui, Genshin Impact sendiri merupakan game yang tergolong rakus sistem atau resource hardware. Nah, aplikasi atau game semacam itu biasanya bisa meningkatkan suhu ponsel. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X