Vivo Perkenalkan Sistem Operasi OriginOS Berbasis Android

Kompas.com - 20/11/2020, 18:00 WIB
Shi Yujian, Senior Vice-President Vivo, dalam peluncuran OriginOS di Shenzhen, China (19/11/2020) VivoShi Yujian, Senior Vice-President Vivo, dalam peluncuran OriginOS di Shenzhen, China (19/11/2020)
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Vivo meresmikan kehadiran OriginOS sebagai penerus FuntouchOS untuk smartphone besutannya. Sistem operasi berbasis Android tersebut diluncurkan dalam gelaran 20202 Developer Conference, Kamis (19/11/2020), di Shenzen, China.

Rancangan visual OriginOS dirombak sehingga tampil berbeda dari UI Android sebelumnya. Deretan ikon menggunakan desain baru yang disusun dalam susunan "Klotski Grid", mengacu pada puzzle Klotski yang berupa gabungan bentuk persegi dan peresgi panjang.

Demikian juga dengan widget di layar home screen kini ukurannya bisa diubah-ubah. Masing-masing widget ini dapat menyalurkan update informasi sesuai fungsinya dengan fitur "nano alerts", misalnya notifikasi soal jadwal penerbangan dan cuaca.

Baca juga: Video: Menilik Desain dan Fitur Vivo V20 SE Edisi Aquamarine Green

Dalam keterangan tertulisnya kepada KompasTekno, Jumat (20/11/2020), Vivo mengatakan bahwa OriginOS berfokus pada tiga aspek, yaitu desain, kelancaran, dan kenyamanan.

Tampilan home screen OriginOSVivo Tampilan home screen OriginOS
Sebab, menurut Vivo, konsumen menginginkan sistem operasi smartphone dengan pengaturan yang lebih fleksibel, efektif dalam menampilkan informasi, serta mendukung ekspresi diri.

"OriginOS oleh Vivo pun merombak kembali fitur-fitur yang paling banyak digunakan dengan desain yang lebih atraktif, sehingga pengguna dapat memaksimalkan pengalaman smartphone mereka," ujar Vivo.

OriginOS turut dibekali dengan "behavioral wallpaper" yang menampilkan gambar latar bergerak dan bisa berubah berdasarkan waktu dan cuaca pada suatu hari.

Baca juga: Vivo Y12s Meluncur dengan Helio P35, Harganya?

Selain itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Vivo mengklaim bahwa penggunaan sumberdaya OriginOS akan lebih rendah dibanding FuntouchOS sebelumnya. Salah satu fitur yang dihadirkan untuk menunjang hal ini adalah teknologi manajemen resource Multi-Turbo 5.0.

Ada lebih dari 30 smartphone Vivo yang akan diperbarui ke OriginOS, termasuk dari seri X yang belum diperkenalkan.

Sebuah daftar yang diunggah akun OriginOS di jejaring sosial, Weibo, mengungkap bahwa update sistem operasi tersebut akan mulai digulirkan sebelum akhir Januari 2021 hingga kuartal kedua 2021 untuk ponsel-ponsel Vivo yang dijual di China.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X