Kompas.com - 03/12/2020, 10:41 WIB
Ilustrasi ponsel dengan lensa periskop MashableIlustrasi ponsel dengan lensa periskop
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - iPhone 12 baru diluncurkan beberapa waktu lalu. Meski demikian, rumor tentang iPhone 13 sudah banyak beredar di dunia maya.

Laporan terbaru dari situs teknologi asal Korea Selatan, ETNews, menyebut Apple tengah berupaya meningkatkan kemampuan zoom kamera miliknya.

Sumber yang dekat dengan industri mengatakan Apple ingin memiliki fitur zoom ekstrem di kamera telefoto. Menurut laporan, untuk dapat membawa kemampuan tersebut Apple akan bekerja sama dengan Samsung.

Apple kemungkinan besar akan menggunakan lensa periskop dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Mirip Android, iPhone Bakal Dibekali Kamera Periskop?

Kendati demikian, baik Apple dan Samsung belum memberikan komentar terkait rumor ini. Kedua perusahaan pun konon belum mencapai kesepakatan.

Pasalnya, Apple dikenal sebagai perusahaan yang perfeksionis. Apple dikenal memiliki pendekatan yang lebih terukur dalam membawa fitur baru, ketimbang perusahaan lain. Apple hanya akan membawa teknologi yang sudah matang ke dalam iPhone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesepakatan ini juga diragukan akan tercapai dengan mudah sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ET News, Kamis (3/12/2020).

Sebab, teknologi lensa periskop adalah salah satu fitur andalan Samsung. Sehingga, "rahasia dapur" tersebut diduga kuat tidak dibagikan dengan mudah karena kompetisi pasar.

Hadir di Galaxy S20 Ultra

Terlepas dari itu, Samsung sendiri menghadirkan lensa periskop di Galaxy S20 Ultra. Wujud modul kamera "periskop" Galaxy S20 Ultra juga unik. Modul kamera telefoto (48 MP) diposisikan menyamping.

Baca juga: Memotret dari Jarak 5 Kilometer dengan Galaxy S20 Ultra

Di dalamnya, terdapat sejumlah lensa periskop (kaca prisma) "Folded Lens", yang dimuat dalam sebuah modul slider yang bisa digeser ke kiri dan ke kanan, untuk menghasilkan zoom optis 4x yang bisa ditingkatkan lebih jauh hingga 100x dengan bantuan software.

Belum diketahui apakah teknologi kamera telefoto Galaxy S20 Ultra ini bakal diadopsi di iPhone berikutnya atau tidak. 

Yang jelas, selain S20 Ultra, lensa jenis periskop diketahui sudah lebih dulu diterapkan di Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x zoom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ETNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.