YLKI: Grab Toko Wajib Ganti Rugi Sepenuhnya

Kompas.com - 07/01/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi banner diskon Grab Toko KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaIlustrasi banner diskon Grab Toko

KOMPAS.com - Nama Grab Toko ramai diperbincangkan beberapa hari belakangan. Sejumlah konsumennya mengaku telah ditipu, lantaran barang yang sudah dibeli tidak kunjung diterima.

Sejumlah konsumen mengaku telah mentransfer sejumlah uang untuk produk elektronik/gadget, bahkan ada yang menyentuh angka Rp 23 juta.

Setelah keluhan ini ramai, muncul sebuah tangkapan layar dari akun Instagram Grab Toko yang mengatakan bahwa investor mereka melakukan penggelapan uang konsumen.

PT Grab Toko Indonesia, mengklaim telah melaporkan kejadian penggelapan investasi ini ke Mabes Polri.

Menanggapi kejadian ini, Tulus Abadi, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLKI) mengatakan Grab Toko harus membayar ganti rugi kepada konsumen yang terbukti telah melakukan transaksi pembayaran dan barang yang dibeli belum diterima.

Hal ini sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 yang menyebut bahwa pelaku usaha harus menyerahkan barang yang dibeli oleh konsumen.

"Bahwa kemudian ada (masalah) ditipu investor, itu urusan dia dan itu aspek pidana, silakan itu proses pidana berjalan. Tapi urusan dengan konsumen tidak boleh dinegoisasikan," jelas Tulus, saat dihubungi KompasTekno, Kamis (7/1/2021).

Tulus mengatakan Grab Toko tidak bisa menolak untuk melakukan ganti rugi ke konsumen yang dirugikan. Grab Toko juga harus mengganti kerugian yang dialami konsumen secara penuh, karena hal tersebut adalah tanggung jawab pelaku usaha.

Terkait kasus penggelapan dana konsumen oleh investor, Tulus meminta agar pihak berwajib segera mempercepat pengusutan kasus ini agar tidak berlarut-larut dan merugikan konsumen.

Baca juga: Heboh Penipuan Grab Toko, Konsumen Kehilangan Uang sampai Rp 23 Juta

Dalam tangkapan layar yang beredar, Grab Toko mengatakan akan mengembalikan uang konsumen yang dirugikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X