TikTok Punya Filter AR Khusus iPhone 12 Pro, Begini Tampilannya

Kompas.com - 08/01/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi TikTok2 India TVNewsIlustrasi TikTok2
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - TikTok memperkenalkan fitur Augmented Reality (AR) khusus untuk pengguna iPhone 12. Fitur berupa filter berbasis AR ini didukung oleh sensor Light Detection and Ranging (LiDAR) yang tersemat pada kamera belakang iPhone 12 Pro.

TikTok mengatakan bahwa teknologi Augmented Reality (AR) ini digunakan untuk memodifikasi gambar tangkapan kamera ponsel dengan berbagai efek visual.

"Kami merilis efek AR khusus bagi pengguna iPhone 12 Pro. Filter ini didukung teknologi LiDAR untuk menampilkan aneka pernik visual di lingkungan sekitar. Kami antusias untuk mengembangkan lebih banyak efek lainnya di tahun ini," tulis TikTok di Twitter.

Baca juga: Apa Itu LiDAR dan Kegunaannya di iPhone 12 Pro?

Pengguna TikTok bisa memilih filter AR dari pustaka yang telah tersedia. Filter AR pertama yang dirilis TikTok berupa bola pinata Tahun Baru yang dibalut dengan animasi countdown.

Ketika hitungan countdown selesai, bola pinata akan pecah, lalu mengeluarkan confetti dan tulisan "2021" dalam bentuk 3D, mirip dengan bola yang biasa dipajang dalam perayaan tahun baru di Times Square, New York, AS, setiap tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

LiDAR (Light Detection and Ranging) sendiri merupakan teknologi peraba optik yang menggunakan cahaya untuk mengukur jarak benda atau obyek di sekitarnya.

Tak hanya untuk mengukur jarak dan mengunci fokus kamera, LiDAR juga berfungsi untuk keperluan fitur Augmented Reality di smartphone.

Dengan menggunakan LiDAR, aplikasi berbasis AR bisa mennggabungkan konten hasil kreasi digital ke dalam lingkungan nyata dengan lebih realistik dan akurat.

Baca juga: TikTok Digugat oleh Remaja 12 Tahun

Dalam video demonstrasi yang diunggah TikTok ke Twitter, misalnya, terlihat serpihan kertas confetti seolah "mendarat" di benda-benda sekitar seperti sofa, juga di lengan dan kepala orang yang berada di bawah bola ketika pecah.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Jumat (8/1/2021), TikTok sudah mulai merilis filter AR khusus iPhone 12 Pro ini secara global.

Selain TikTok, Snapchat sudah lebih dulu mengeluarkan fitur yang memanfaatkan sensor LiDAR iPhone 12 Pro lewat fitur Lens khusus di aplikasinya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.