10 Game yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter Indonesia Sepanjang 2020

Kompas.com - 13/01/2021, 12:16 WIB
Ilustrasi Twitter. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoIlustrasi Twitter.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat harus berdiam diri di rumah mendorong banyak orang untuk bermain game. Kegiatan ini dipilih lantaran bermain game mampu mengusir rasa bosan selama di rumah.

Secara tidak langsung, hal ini rupanya turut mendongkrak jumlah twit seputar gaming di media sosial Twitter. Secara global, pembicaraan tentang gaming menduduki peringkat keenam sebagai topik yang paling banyak diikuti di Twitter.

Tercatat ada lebih dari 2 miliar kicauan tentang game yang beredar di Twitter sepanjang 2020. Menurut Twitter, angka tersebut tumbuh 75 persen dibandingkan 2019. 

Adapun jumlah penulis (unique author) yang mengunggah kicauan tentang game dilaporkan juga mengalami peningkatan sebesar 49 persen.

Baca juga: Game Minecraft Earth Disetop Juni 2021 akibat Corona

Twitter mengatakan, topik tentang game banyak dibicarakan karena menjadi cara berinteraksi dengan teman lama sekaligus mencari teman baru, serta bersosialisasi dan melepaskan penat.

Di Indonesia sendiri, topik percakapan tentang gaming dilaporkan meningkat sebesar 67 persen, sepanjang 2020. Salah satu judul game yang paling banyak dibicarakan oleh warganet asal Indonesia adalah PUBG.

Selain itu, beberapa game pendatang baru seperti Genshin Impact dan Animal Crossing juga telah berhasil menarik minat warganet.

Melejitnya popularitas Among Us di tengah pandemi juga mendorong warganet untuk beramai-ramai mengunggah twit berisikan meme lucu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 10 judul game terpopuler di Twitter Indonesia sepanjang 2020:

  1. PUBG (@PUBG)
  2. Among Us (@AmongUsGame)
  3. Genshin Impact (@GenshinImpact)
  4. Animal Crossing: New Horizons (@animalcrossing)
  5. Fate/Grand Order (@fgoproject)
  6. Granblue Fantasy (@granbluefantasy)
  7. Final Fantasy (@FinalFantasy)
  8. Arknights (@ArknightsStaff)
  9. Dota2 (@DOTA2)
  10. Disney: Twisted-Wonderland (@twst_jp)

Meski banyak dibicarakan di Twitter, daftar di atas berbeda dengan daftar game terlaris yang dirilis Steam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X