Bos VMWare Ditunjuk sebagai CEO Baru Intel

Kompas.com - 14/01/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi prosesor Intel cnet.comIlustrasi prosesor Intel

KOMPAS.com - CEO Intel Bob Swan akan segera mundur dari jabatannya per tanggal 15 Februari 2021. Produsen chip asal Amerika Serikat Intel itu mengumumkan bahwa Swan akan digantikan oleh Pat Gelsinger yang merupakan CEO perusahaan layanan virtualisasi VMware.

Gelsinger yang pernah bekerja di Intel pun mengundurkan diri dari VMware. Dia mengatakan senang bisa kembali ke kantor lamanya.

"Saya bergabung dengan Intel saat berusia 18 tahun, baru lulus dari Lincoln Technical Institute," katanya dalam sebuah laman di situs Intel.

Baca juga: Intel Umumkan 4 Seri Prosesor Terbaru untuk Desktop dan Laptop

Omar Ishrak selaku ketua dewan independen Intel mengapresiasi kontribusi Swan kepada perusahaan selama menjabat. Dia optimistis bahwa Intel di bawah komando Gelsinger akan mampu memanfaatkan peluang yang ada di masa depan. 

"Pat adalah pemimpin teknologi yang telah terbukti dengan rekam jejak inovasi, pengembangan talenta, dan pengetahuan mendalam tentang Intel," ujar Ishrak, seperti dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (14/1/2021).

Swan sendiri baru ditunjuk sebagai CEO pada Januari 2019. Sebelum itu, ia pernah berperan sebagai CEO interim selama tujuh bulan berkenaan dengan mundurnya CEO sebelumnya, Brian Krzanich, pada Juni 2018.

Swan banyak tekanan

Saat menjabat, Swan disinyalir kerap mendapat kritikan internal lantaran ia tidak memiliki latar belakang teknis. Sebelum bergabung dengan Intel, Swan diketahui memang menjabat sebagai kepala keuangan eBay dan pernah bekerja di perusahaan modal ventura General Atlantic.

Berbeda dengan Swan, Pat Gelsinger pernah bekerja di Intel selama 30 tahun. Ia juga merupakan chief technology officer pertama Intel.

Tekanan yang dihadapi Swan agaknya semakin kuat lantaran tahun lalu Intel mendapatkan banyak tantangan, terutama dari pesaing dekatnya, AMD

Baca juga: Ada Cacat di Prosesor 7nm Intel, Peluncuran Ditunda hingga 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X