Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Teknologi Ultra Wideband di Galaxy S21 Plus dan Ultra

Kompas.com - 21/01/2021, 16:25 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu fitur baru yang diperkenalkan Samsung di lini Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra adalah teknologi Ultra Wideband (UWB). Sebenarnya, apa itu Ultra Wideband dan apa gunanya dipasang di smartphone?

Ultra Wideband teknologi nirkabel berbasis gelombang radio seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Bedanya, UWB mampu mentransfer data antar perangkat dalam jarak jauh sekaligus mendeteksi posisinya secara akurat.

Cara kerjanya, salah satu perangkat mengirim sinyal yang kemudian diterima oleh perangkat lain. Begitu perangkat penerima mengirimkan ping, lokasinya bisa ditentukan dengan tingkat akurasi mencapai hitungan 10 cm.

Baca juga: Harga serta Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra, S21 Plus, dan S21

"UWB melacak pergerakan perangkat secara real-time. Dengan demikian, perangkat-perangkat dengan teknologi UWB dapat mengetahui arah gerakan dan posisi relatifnya," ujar Samsung dalam laman penjelasan tentang teknologi UWB di situsnya.

UWB mampu melacak apakah perangkat lain sedang bergerak mendekat, menjauh, atau tidak bergerak. Samsung pun mengibaratkan UWB seperti radar yang terus menerus mendeteksi posisi sekaligus berkomunikasi dengan perangkat lain.

Contoh aplikasi UWB misalnya seperti aksesoris pintar untuk mengetahui keberadaan perangkat Samsung seperti ponsel, tablet, atau wearable, manakala pengguna lupa meletakkan di mana. Jangkauan Galaxy Smart Tag diklaim mencapai radius 120 meter.

Untuk mencari keberadaan perangkat lewat tampilan peta, pengguna dapat menghubungkan ponsel mereka dengan aplikasi Samsung SmartThings.

Samsung juga dikabarkan tengah berkolaborasi dengan Car Connectivity Consortium (CCC) dalam menghadirkan kunci mobil pintar berteknologi UWB.

Nantinya, aplikasi SmartThings akan memunculkan notifikasi apabila berhasil melacak keberadaan kunci yang hilang dan bisa langsung menyalakan mobil secara otomatis.

Baca juga: Mengenal Samsung SmartTag, Aksesori untuk Lacak Benda Kesayangan yang Hilang

Dihimpun KompasTekno dari Android Central, Kamis (21/1/2021), teknologi UWB sebenarnya sudah lama ada tapi baru belakangan mulai diterapkan di smartphone. Samsung memulainya di Galaxy Note 20 Ultra, kemudian di Gaalxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra.

Selain Samsung, Apple juga sudah menerapkan UWB di iPhone sejak iPhone 11, lalu Xiaomi juga menanam UWB di ponsel Mi 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com