Mengenal Teknologi Ultra Wideband di Galaxy S21 Plus dan Ultra

Kompas.com - 21/01/2021, 16:25 WIB
Galaxy S21 Ultra Phantom Silver SamsungGalaxy S21 Ultra Phantom Silver
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Salah satu fitur baru yang diperkenalkan Samsung di lini Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra adalah teknologi Ultra Wideband (UWB). Sebenarnya, apa itu Ultra Wideband dan apa gunanya dipasang di smartphone?

Ultra Wideband teknologi nirkabel berbasis gelombang radio seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Bedanya, UWB mampu mentransfer data antar perangkat dalam jarak jauh sekaligus mendeteksi posisinya secara akurat.

Cara kerjanya, salah satu perangkat mengirim sinyal yang kemudian diterima oleh perangkat lain. Begitu perangkat penerima mengirimkan ping, lokasinya bisa ditentukan dengan tingkat akurasi mencapai hitungan 10 cm.

Baca juga: Harga serta Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra, S21 Plus, dan S21

"UWB melacak pergerakan perangkat secara real-time. Dengan demikian, perangkat-perangkat dengan teknologi UWB dapat mengetahui arah gerakan dan posisi relatifnya," ujar Samsung dalam laman penjelasan tentang teknologi UWB di situsnya.

UWB mampu melacak apakah perangkat lain sedang bergerak mendekat, menjauh, atau tidak bergerak. Samsung pun mengibaratkan UWB seperti radar yang terus menerus mendeteksi posisi sekaligus berkomunikasi dengan perangkat lain.

Contoh aplikasi UWB misalnya seperti aksesoris pintar untuk mengetahui keberadaan perangkat Samsung seperti ponsel, tablet, atau wearable, manakala pengguna lupa meletakkan di mana. Jangkauan Galaxy Smart Tag diklaim mencapai radius 120 meter.

Untuk mencari keberadaan perangkat lewat tampilan peta, pengguna dapat menghubungkan ponsel mereka dengan aplikasi Samsung SmartThings.

Samsung juga dikabarkan tengah berkolaborasi dengan Car Connectivity Consortium (CCC) dalam menghadirkan kunci mobil pintar berteknologi UWB.

Nantinya, aplikasi SmartThings akan memunculkan notifikasi apabila berhasil melacak keberadaan kunci yang hilang dan bisa langsung menyalakan mobil secara otomatis.

Baca juga: Mengenal Samsung SmartTag, Aksesori untuk Lacak Benda Kesayangan yang Hilang

Dihimpun KompasTekno dari Android Central, Kamis (21/1/2021), teknologi UWB sebenarnya sudah lama ada tapi baru belakangan mulai diterapkan di smartphone. Samsung memulainya di Galaxy Note 20 Ultra, kemudian di Gaalxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra.

Selain Samsung, Apple juga sudah menerapkan UWB di iPhone sejak iPhone 11, lalu Xiaomi juga menanam UWB di ponsel Mi 10.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X