Kompas.com - 28/01/2021, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Android harus lebih waspada. Sebab, baru-baru ini peneliti keamanan siber dari ESET menemukan adanya malware yang disebarkan melalui WhatsApp.

Lewat sebuah link yang disebarkan lewat pesan WhatsApp, malware ini mengelabui calon korban agar mengunduh aplikasi palsu dari situs web yang dibuat mirip dengan Google Play.

Link tersebut terlihat menjanjikan ponsel gratis untuk pengguna agar mereka mau mengklik tautan itu.

Menurut peneliti keamanan ESET, Lukas Stefanko, jika link tersebut dibuka, pengguna akan diminta mengunduh aplikasi bernama Huawei Mobile yang muncul di halaman tersebut.

Tentu saja aplikasi ini palsu dan dibuat oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk mengelabui korban. Jika aplikasi palsu tersebut diinstal, ia akan meminta korban untuk memberikan akses notifikasi, yang kemudian disalahgunakan untuk melakukan serangan.

Baca juga: Apa Itu Malware dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Malware yang terpasang di perangkat akan kembali menyebarkan link yang sama melalui WhatsApp kepada calon korban lain.

Stefanko mengatakan, tugas malware ini untuk mengelabui pengguna agar masuk ke dalam jebakan adware atau scam.

Menurut Stefanko, malware ini bersifat wormable dan bekerja dengan membalas pesan yang diterima secara otomatis melalui WhatsApp. Lebih spesifik, malware ini memanfaatkan fitur balas cepat (quick reply) WhatsApp, yang bisa diakses melalui kolom notifikasi.

Sebagai informasi, wormable merupakan istilah yang digunakan pada serangan malware jangka panjang yang menyebar dari satu perangkat ke perangkat lain.

Salah satu serangan jenis wormable yang paling terkenal adalah ransomware WannaCry yang sebelumnya telah menginfeksi 150 negara di dunia, termasuk Indonesia, pada tahun 2017 lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.