Tesla Borong Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun, Untuk Apa?

Kompas.com - 09/02/2021, 09:10 WIB
CEO Tesla & SpaceX, Elon Musk businessinsider.comCEO Tesla & SpaceX, Elon Musk

KOMPAS.com -Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla mengumumkan telah membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 21 Triliun pada Senin (9/2/2021).

Dalam dokumen yang diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Perdagangan AS (SEC), Tesla mengatakan bahwa pembelian mata uang kripto tersebut dilakukan untuk mendorong diversifikasi pembayaran.

Selain itu, dalam dokumen pengajuan tersebut Tesla juga mengatakan bahwa mata uang kripto ini merupakan aset digital yang akan dimiliki perusahaan dalam jangka panjang.

"Perusahaan melakukan pembelian Bitcoin untuk lebih banyak fleksibilitas untuk mendiversifikasi dan memaksimalkan pengembalian uang tunai kami (Tesla)," tulis Tesla.

Selain itu, Tesla juga mengatakan bahwa perusahaan akan mulai menerima mata uang kripto sebagai bentuk pembayaran.

Jika benar direalisasikan, maka perusahaan yang dipimpin Elon Musk ini akan menjadi produsen mobil pertama yang menerapkan metode pembayaan tersebut.

Baca juga: Pria Ini Buang Hard Disk Berisi Bitcoin Senilai Rp 4 Triliun

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain itu, kami berharap untuk mulai menerima bitcoin sebagai bentuk pembayaran untuk produk kami dalam waktu dekat, tunduk pada hukum yang berlaku," lanjut Tesla.

Langkah tersebut juga mendorong kenaikan harga bitcoin yang menyentuh angka 44.200 dollar AS (sekitar Rp 619 juta).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (9/2/2021), harga saham Tesla pun turut terdongkar lebih dari 2 persen pada Senin lalu.

Sebelumnya, Elon Musk menjadi sorotan lantaran kicauan di akun Twitter-nya yang mempengaruhi kenaikan harga mata uang kripto, mulai dari bitcoin hingga dogecoin.

Melalui akun Twitter-nya, Musk juga mengajak pengikutnya untuk mulai berinvestasi melalui mata uang digital tersebut.

Berkat kicauaannya itu, harga Dogecoin dilaporkan sempat naik hingga 35 persen. Dalam waktu 24 jam, harga Dogecoin melesat dari 0,048356 Dollar AS ke 0,065448 Dollar AS pada Senin lalu. Ini merupakan kenaikan paling tinggi yang pernah dialami Dogecoin.

Baca juga: Lupa Password, Pemuda Ini Tak Bisa Akses Bitcoin Senilai Rp 3,1 Triliun

Melansir dari laman CoinDesk, kini harga Dogecoin berada di angka 0.079396 Dollar AS atau naik 1,52 persen.

Selain itu, tagar #Bitcoin yang dicantumkan Musk di bio Twitter-nya pun juga sempat berhasil membuat harga bitcoin melambung hingga 20 persen.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.