Streamer Twitch Ini Raup Rp 223 Juta Hanya dengan Tidur

Kompas.com - 17/02/2021, 14:03 WIB
Asian Andy, seorang streamer Twitch yang berhasil menerima donasi sebesar 16.000 dollar AS (sekitar Rp 223 juta) hanya dengan tertidur sepanjang live streaming berlangsung Youtube/Asian AndyAsian Andy, seorang streamer Twitch yang berhasil menerima donasi sebesar 16.000 dollar AS (sekitar Rp 223 juta) hanya dengan tertidur sepanjang live streaming berlangsung

KOMPAS.com - Streamer di platform Twitch biasanya menyuguhkan konten berupa live streaming main game yang disiarkan selama berjam-jam. Namun ada cara lain untuk mendapatkan uang di sana, yakni dengan tidur.

Hal itulah yang dilakukan oleh seorang  streamer Twitch bernama Asian Andy. Pria 26 tahun ini dikenal sebagai "Sleep streamer", yakni orang yang membuat tayangan langsung berisi dirinya sendiri sedang mendengkur.

Meski mungkin terdengar seperti lelucon, jumlah uang yang dihasilkan tak main-main. Asian Andy bisa mendapat uang sebanyak 16.000 dollar AS (sekitar Rp 223 juta) hanya dalam satu malam saja.

Baca juga: Instagram Kini Punya Fitur Badges untuk Live Streaming

Caranya menarik duit terbilang unik. Andy menggunakan speech recognition untuk mengubah pesan dari para penonton donatur menjadi perintah suara untuk asisten pintar Alexa.

Para penonton donatur pun iseng menyuruh Alexa menirukan macam-macam suara, seperti gonggongan anjing atau musik keras, untuk mengganggu tidur Andy saat sleep streaming. Dia pun terusik tiap kali ada donasi masuk. Tapi gangguan itu tak ubahnya berkah buat Andy.

"Terima kasih banyak. Saya sebelumnnya hanya mendapatkan penghasilan sebesar 16 dollar AS (sekitar Rp 223.000) setiap jamnya sebagai sopir Uber," kata Andy di penghujung live streaming Twitch yang rekamannya kemudian diunggah ke YouTube.

Populer karena kerap menyuguhkan konten yang jenaka, Asian Andy memiliki 76.400 followers di patform Twitch, 40.000 followers di Twitter dan Instagram, serta 1 juta subscriber di YouTube, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Rabu (17/1/2021).

Baca juga: Streamer Gaming Ninja Akhirnya Kembali ke Twitch

Andy sendiri sebenarnya bukanlah streamer pertama yang melakukan sleep stream untuk mendatangkan uang.  Sebelumnya, YouTuber Ice Poseidon pernah berhasil meraup 5.000 dollar AS (sekitar Rp 69,7 juta) dengan melakukan sleep stream pada tahun 2017 lalu.

Selain itu ada juga Alex Shannon yang dijuluki sebagai "sleep influencer" pertama di dunia. Sejak 2018, Shannon berkeliling dunia untuk tidur di berbagai lokasi mewah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X