Bocoran Pertama Tampilan Android 12, Ada Desain dan Widget Baru

Kompas.com - 09/02/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android phonearena.comIlustrasi sistem operasi Android
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah Android 11, Goole diperkirakan akan meluncurkan sistem operasi mobile berikutnya, Android 12, di kuartal-I 2020, tepatnya dalam ajang konferensi Google I/O yang biasanya digelar bulan Mei.

Belakangan beredar bocoran serangkaian gambar yang diduga memperlihatkan tangkapan antarmuka Android 12. Kalau benar, maka ini adalah penampakan pertama dari tampilan sistem operasi tersebut.

Baca juga: Toko Aplikasi Selain Play Store Akan Lebih Mudah Diakses di Android 12

Dari bocoran gambar terlihat bahwa (UI) Android 12 didesain lebih simple dengan perpaduan warna solid. Menariknya, ada widget baru yang akan menampilkan isi obrolan dan notifikasi lain dari lawan bicara di aplikasi perpesanan.

Selain di menu pull-down notifikasi, isi percakapan juga dapat ditampilkan di home screen melalui widget tersebut. Area notifikasi sendiri kini tak lagi transparan, diganti warna beige solid, tapi ini mungkin nantinya bisa berubah tergantung themes atau dark mode.

Bocoran tampilan Android 12XDA-Developers.com Bocoran tampilan Android 12

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Warna status bar di sisi atas yang memuat jam, indikator sinyal, dan baterai tampak lebih sederhana, yaitu hanya menampilkan satu warna solid. Letaknya pun diubah, posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti sebelumnya.

Uniknya lagi, Android 12 bisa menampilkan indikator privasi baru berupa ikon kamera dan mikrofon. Pengguna pun akan diingatkan setiap kali ada aplikasi yang akan memakai kamera atau mikrofon di perangkat.

Kabarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (9/2/2021), indikator privasi ini nanti wajib dimunculkan di semua perangkat yang menjalankan Android 12.

Selain itu kemungkinan juga akan ada toggle privasi yang bisa menon-aktifkan semua fungsi kamera dan mikrofon.

Bocoran tampilan Android 12XDA-Developers.com Bocoran tampilan Android 12

Perubahan lainnya, jumlah tile di Quick Settings kini dikurangi, dari sebelumnya enam buah menjadi hanya empat sehingga masing-masing ikon jadi terlihat lebih besar.

Rangkaian bocoran gambar di atas diduga berasal dari dokumen internal Google untuk mendemonstrasikan Android 12 ke para vendor rekanan. Namun, bisa saja tampilan akhirnya nanti akan berbeda.

Baca juga: Begini Tampilan HarmonyOS 2.0, Pengganti Android di Ponsel Huawei

Google kabarnya akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini sehingga tampilan dan fitur-fitur baru dari sistem operasi itu bakal diketahui dengan lebih jelas dalam waktu dekat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X