Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ponsel Baru Oppo Siap Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 24/02/2021, 13:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Oppo tampaknya tengah bersiap meluncurkan sejumlah smartphone baru untuk meramaikan pasar ponsel Indonesia. Bukan hanya satu, dua, atau tiga, melainkan empat ponsel yang siap dirilis Oppo ke pasar Indonesia.

Pantauan KompasTekno di situs P3DN Kemenperin, Kamis (24/2/2021), ada empat kode ponsel Oppo yang sudah mengantongi sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Keempat ponsel tersebut masing-masing memiliki nomor model CPH2173, CPH2197, CPH2219, dan CPH2239.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A15s, Apa Bedanya dari A15?

4 perangkat teranyar Oppo yang sudah lolos uji TKDN.P3DN Kemenperin 4 perangkat teranyar Oppo yang sudah lolos uji TKDN.

Masing-masing dari ponsel ini telah mengantongi sertifikat dengan nilai TKDN masing-masing sebesar 33,42 persen; 31,15 persen; 31,85 persen; dan 31,10 persen.

Selain lolos uji TKDN, seluruh ponsel ini, kecuali seri CPH2239, juga sudah mendapat sertifikasi lolos uji Postel dari Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Sertifikat Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo sendiri merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi, sebelum ponsel bisa dijual di Indonesia, di samping lolos uji TKDN tadi.

Meski demikian, belum bisa dipastikan apa nama resmi dari keempat model smartphone Oppo teranyar itu.

Namun, apabila mengacu pada rumor, CPH2173 merupakan nomor model untuk smartphone flagship suksesor Oppo Find X2, yakni Find X3.

Konon, ponsel tersebut bakal meluncur secara global pada 11 Maret mendatang bersamaan dengan tiga "saudaranya", yaitu Find X3 Pro, Find X3 Neo, dan Find X3 Lite.

Sertifikat Postel SDPPI 4 perangkat teranyar Oppo.DitjenSDPPI Sertifikat Postel SDPPI 4 perangkat teranyar Oppo.

Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa tiga model lainnya yang sudah mendapatkan lolos uji sertifikasi TKDN dan Postel Ditjen SDPPI tadi merupakan Find X3 Pro, Find X3 Neo, dan Find X3 Lite.

Spesifikasi Oppo Find X3 Series

Oppo sejatinya belum mengumbar spesifikasi deretan smartphone Find X3 Series ke publik. Namun, bocorannya sudah mengalir deras di internet.

Baca juga: Spesifikasi Oppo Find X3 Muncul di Geekbench

Oppo Find X3 konon bakal ditenagai dengan chipset Snapdragon 870, sedangkan varian "Pro" dibekali dengan System-on-Chip (SoC) Snapdragon 888. Tidak ada informasi SoC apa yang bakal dipakai oleh Find X3 Neo dan Find X3 Lite.

Secara desain, Oppo Find X3, Find X3 Pro, dan Find X3 Neo disinyalir bakal kompak mengusung layar AMOLED seluas 6,7 inci dengan resolusi Quad HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Untuk Find X3 Lite, layarnya konon "hanya" berukuran 6,4 inci.

Khusus Find X3 Pro, ponsel ini ditengarai bakal mengusung baterai berkapasitas 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat dengan daya 65 watt (SuperVOOC 2.0) dan 30W VOOC Air Wireless Charging.

Untuk sektor kamera, model "Pro" tersebut juga disebut bakal dibekali dengan empat kamera, di mana dua kamera konon mengadopsi sensor gambar Sony IMX766 yang memiliki resolusi 50 MP.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Mencoba Oppo Reno5 5G, Apa Bedanya dengan Versi Reguler?

Masih seputar fotografi, kamera selfie Find X3 Pro sendiri, begitu juga Find X3 "reguler", X3 Neo, dan X3 Lite, konon bakal kompak ditampung dalam lubang punch hole, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (24/2/2021).

Kendati demikian, seluruh informasi spesifikasi ini, begitu juga nama keempat smartphone Oppo tadi, masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Sebab, pihak Oppo Indonesia belum mengumbar informasi apapun terkait kehadiran ponsel flagship teranyar mereka di Tanah Air. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com