Pengguna Medsos di Indonesia Habiskan 25 Jam Per Bulan untuk Nonton YouTube

Kompas.com - 24/02/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi media sosial (ipopba) KOMPAS.COM/Ilustrasi media sosial (ipopba)
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Riset terbaru mengungkap bahwa YouTube menjadi media sosial yang paling digemari di Indonesia dibandingkan platform lain. YouTube unggul atas WhatsApp, Instagram, Facebook, hingga Twitter.

Menurut riset agensi marketing We Are Social dan perusahaan aplikasi manajemen medsos Hootsuite, YouTube menjadi medsos yang paling banyak digunakan dalam sebulan.

YouTube digunakan oleh 93,8 persen dari total keseluruhan pengguna internet Indonesia yang berumur 16 hingga 64 tahun.

Baca juga: YouTube di Android Bisa Putar Video 4K, Bug atau Bukan?

Medsos terlaris di Indonesia per Januari 2021.WeAreSocial Medsos terlaris di Indonesia per Januari 2021.
Sementara WhatsApp, digunakan oleh 87,7 persen pengguna internet Tanah Air dengan rentang waktu dan umur yang sama. Kemudian diikuti oleh Instagram, Facebook, dan Twitter dengan jumlah pengguna masing-masing 86,6, 85,5, dan 63,6 persen.

Meski paling banyak dipakai dalam sebulan belakangan, rata-rata lama penggunaan aplikasi YouTube ternyata masih di bawah WhatsApp.

Jejaring sosial dari Facebook terlihat mendominasi. Mereka adalah WhatsApp di mana pengguna media sosial Indonesia rata-rata menghabiskan 30,8 jam per bulan, kemudian Facebook dengan 17 jam per bulan, dan Instagram dengan 17 jam per bulan.

Adapun durasi rata-rata penggunaan YouTube, berkisar di angka 25,9 jam per bulan.

Medsos dan platform streaming video terpopuler di Indonesia 2020 berdasarkan rata-rata lama penggunaan per bulan.WeAreSocial Medsos dan platform streaming video terpopuler di Indonesia 2020 berdasarkan rata-rata lama penggunaan per bulan.
Sebagai informasi, riset teranyar WeAreSocial dan Hootsuite ini mencatat bahwa ada sekitar 170 juta pengguna yang aktif menggunakan medsos di Indonesia, di mana 168,5 juta di antaranya mengakses aneka platform tersebut dari smartphone.

Baca juga: Pendapatan Alphabet Naik Berkat YouTube dan Google Search

Apabila dilihat dari kebiasaannya, 99,8 persen pengguna berumur 16 hingga 64 tahun mengaku mengakses setidaknya satu platform medsos dalam waktu sebulan belakangan.

Data menarik lainnya yang ikut diungkap adalah rata-rata orang Indonesia ternyata memiliki 10 akun media sosial per orang. Selain itu, 60 persen pengguna media sosial memakainya untuk bekerja seperti menjalin relasi dan menjalankan bisnis.

Sebanyak 94,5 persen pengguna dalam rentang waktu dan umur yang sama juga disebut aktif bersosialisasi atau mengunggah konten di medsos sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laporan We Are Social dan Hootsuite, Rabu (24/2/2021),

Adapun rata-rata penggunaan medsos di rentang umur ini, menurut data WeAreSocial, adalah 3 jam 14 menit per hari. Laporan Digital 2021 selengkapnya yang dirilis WeAreSocial dan Hootsuite dapat dilihat melalui tautan berikut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X