Twitter Kenalkan Fitur "Super Follow", Bisa untuk Dapatkan Uang

Kompas.com - 26/02/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi Twitter ZDNet.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Platform microblogging Twitter diketahui sedang menyiapkan fitur Super Follow. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan pengguna Twitter untuk mendapatkan uang (monetisasi).

Fitur Super Follow memungkinkan pengguna Twitter mengenakan biaya langganan ke pengikut (follower) mereka untuk akses ke konten eksklusif.

Fitur Super Follow untuk mendapatkan uang ini diumumkan Twitter dalam sesi pemaparan untuk analis dan investor pada Kamis (25/2/2021) lalu.

Baca juga: Bagaimana Cara Upload Video di Facebook Bisa Dapat Uang?

Melalui sebuah kicauan, akun dengan handle @martinhoffmann membeberkan tampilan pratinjau (mockup) dari fitur Super Follow ini.

Dari foto yang diunggah tersebut, nampak pengikut (follower) akan dikenakan biaya langganan 4,99 dollar AS (sekitar Rp 70.961) per bulan, untuk mendapatkan beberapa keuntungan.

Keuntungan yang didapatkan Supper Followers (sebutan pengikut yang menggunakan fitur Super Follow) di antaranya adalah supporter badge, newsletter khusus, konten eksklusif, berbagai penawaran dan diskon, serta akses ke grup komunitas.

Dalam bocoran foto tersebut juga terlihat bahwa Super Followers dapat menghentikan langganan kapan pun.

Twitter sendiri belum menjelaskan lebih detail terkait fitur ini, termasuk jadwal perilisannya. Namun yang jelas, Twitter mengatakan fitur ini memungkinkan kreator konten maupun penerbit di Twitter bisa mendapat pemasukan dari pengikut mereka.

Baca juga: Resmi, Syarat untuk Dapat Uang dari YouTube Makin Berat

Selain itu, dengan fitur monetisasi Super Follow ini, diharapkan akan mendorong kreator konten maupun penerbit di Twitter untuk terus membuat konten yang disukai audiens mereka.

"Super Follow belum tersedia, tapi kami akan memiliki lebih banyak informasi untuk dibagikan dalam beberapa bulan mendatang," kata juru bicara Twitter, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Jumat (26/2/2021).

Selain fitur Super Follow, Twitter juga mengumumkan fitur baru lainnya yang disebut dengan "Komunitas", yang agaknya mirip dengan Grup Facebook.

Fitur ini memungkinkan pengguna Twitter membuat dan bergabung dengan grup yang membahas tentang topik tertentu.

Baca juga: Twitter Siapkan Fitur Pesaing Clubhouse, Begini Tampilannya

Melalui fitur komunitas ini, pengguna dimungkinkan bisa mengakses lebih banyak kicauan yang berfokus pada topik atau minat mereka, sebagaimana dihimpun dari The Verge.

Sama halnya dengan fitur Super Follow, Twitter juga belum mengumumkan jadwal perilisan fitur ini untuk umum.



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X