Begini Cara Menambah Ruang Penyimpanan di Akun Google

Kompas.com - 26/02/2021, 19:07 WIB
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. IstAplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube.

KOMPAS.com - Google menyediakan layanan terintegrasi yang beragam, mulai Gmail, Google Drive, Google Photo, dan sebagainya. Layanan tersebut sering kali dimanfaatkan untuk kebutuhan terkait pekerjaan dan belajar.

Misalnya melalui e-mail, pengguna bisa berkirim tugas dengan dosen atau mengirimkan hasil pekerjaan ke klien atau kantor.

Melalui Google Drive, pengguna juga bisa menyimpan berbagai jenis file di internet. Begitu pula Google Photo yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi foto secara daring.

Baca juga: Google Ungkap Tingkat Kerumunan Masyarakat Indonesia Selama Pandemi

Sayangnya, Google hanya memberikan jatah penyimpanan (storage) 15 GB untuk setiap akun pengguna dalam mode "gratis".

Aneka layanan yang dipakai pun membuat ruang penyimpanan lekas penuh. Akibatnya, pengguna tidak bisa menerima e-mail baru dari Gmail ataupun menambah Google Drive ataupun Google Photo.

Untuk mengatasi kendala penyimpanan Google yang penuh, pengguna bisa menambah ruang penyimpanan di akun Google dengan cara sebagai berikut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas penyimpanan akun Google, selengkapnya sebagai berikut.

1. Hapus file di Google Drive

Melalui Google Drive, pengguna bisa menyimpan berbagai file, termasuk foto, video, dan dokumen lain.

Jika kapasitas Google Drive penuh, pengguna bisa menghapus file yang sudah tidak terpakai atau menghapus file yang memiliki ukuran besar, sehingga bisa menambah kapasitas penyimpanan, yang bisa dipakai oleh Drive atau layanan Google lainnya seperti Gmail.

Pertama-tama  bukalah drive.google.com melalui peramban. Lalu login ke akun Google. Selanjutnya, pengguna tinggal membuka deretan file yang ada dalam format "list" atau baris.

Baca juga: Cara Bersih-bersih Google Drive Agar Tidak Perlu Bayar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X