Samsung Bakal Sematkan Isocell GN2 di Ponsel Galaxy

Kompas.com - 27/02/2021, 08:06 WIB
Galaxy S21 Ultra varian warna Phantom Black memiliki punggung berlapis kaca dengan tekstur frosted yang tampil menarik KOMPAS.com/ OIK YUSUFGalaxy S21 Ultra varian warna Phantom Black memiliki punggung berlapis kaca dengan tekstur frosted yang tampil menarik
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan sensor kamera baru untuk ponsel Galaxy, bernama Isocell GN2. Sensor kamera ponsel ini menjanjikan autofokus lebih cepat dan akurat dengan teknologi "Dual Pixel Pro".

Dalam keterangannya, Samsung menyebutkan bahwa Dual Pixel Pro meningkatkan teknologi Dual Pixel sebelumnya, dengan mengubah mengubah garis deteksi fasa (phase, untuk phase-detect AF) di tiap piksel hijau, menjadi segaris diagonal, alih-alih hanya vertikal seperti sebelumnya.

Dengan demikian, Isocell GN2 mampu mendeteksi perbedaan fasa secara vertikal dari arah atas dan bawah subyek, bukan hanya secara horizontal dari arah kiri dan kanan.

Samsung mengklaim hal ini bisa memudahkan kamera ponsel dalam mengunci fokus.

Baca juga: Sony dan Samsung Pimpin Pasaran Sensor Kamera Dunia

Ilustrasi tiap piksel hijau sensor Isocell GN2 yang sanggup mendeteksi perbedaan fasa secara vertikal dengan garis pemisah diagonal. Samsung Ilustrasi tiap piksel hijau sensor Isocell GN2 yang sanggup mendeteksi perbedaan fasa secara vertikal dengan garis pemisah diagonal.

"Teknologi Dual Pixel Pro menggunakan 100 juta fotodioda (piksel) yang mendeteksi fasa secara vertikal dan horizontal untuk autofokus yang lebih cepat dan akurat," sebut Samsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Tonjolan di Kamera Ponsel Semakin Tebal?

Angka "100 juta" kemungkinan berasal dari jumlah 50 juta piksel (mega pixel) di sensor Isocell GN2, dikalikan dua karena tiap piksel memuat dua titik phase-detect. Penjelasan mengenai teknologi Dual Pixel Pro bisa dilihat dalam video Samsung di bawah.

Selain itu, Isocell GN2 juga dibekali fitur staggered-HDR untuk meningkatkan rentang dynamic range, berikut Smart ISO dan Smart ISO Pro untuk menyesuaikan gain konversi sensor dengan keadaan pencahayaan saat pemotretan.

Isocell GN2 pun mampu menjepret gambar dengan resolusi 100 MP -meskipun resolusinya secara native hanya 50 MP- lewat algoritma upscaling yang diklaim mampu memberi hasil akhir berkualitas tinggi.

Baca juga: Menjajal Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra, Begini Hasil Jepretannya

Aspek kemampuan video tak ketinggalan disebut. Menurut Samsung, Isocell GN2 memungkinkan perekaman video full-HD dengan frame rate hingga 480 fps dan video 4K dengan frame rate hingga 120 FPS.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Sabtu (27/2/2021), sensor Isocell GN2 kini sudah diproduksi massal, dan diperkirakan akan mulai hadir di smartphone Samsung Galaxy pada paruh kedua tahun 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.