Mengapa Tonjolan di Kamera Ponsel Semakin Tebal?

Kompas.com - 09/02/2021, 16:05 WIB
Galaxy S21 Ultra varian warna Phantom Black memiliki punggung berlapis kaca dengan tekstur frosted yang tampil menarik KOMPAS.com/ OIK YUSUFGalaxy S21 Ultra varian warna Phantom Black memiliki punggung berlapis kaca dengan tekstur frosted yang tampil menarik

KOMPAS.com - Sebagian besar ponsel flagship masa kini yang dibekali dengan fitur fotografi mumpuni biasanya memiliki tonjolan kamera (camera bump) yang cukup tebal.

Sebut saja seperti Samsung Galaxy S21 Ultra, iPhone 12 Pro, Mi 10T Pro, Huawei P40 Pro Plus, Vivo X50 Pro, dan lain sebagainya.

Kehadiran camera bump seperti ini sejatinya membuat permukaan punggung tidak sejajar dengan cangkang ponsel. Walhasil, ponsel tidak akan bisa diletakkan secara sempurna di permukaan yang rata.

Selain itu, tonjolan kamera juga biasanya dianggap mengurangi estetika dari perangkat yang mengadopsinya.

Baca juga: Daftar Ponsel dengan Layar dan Kamera Terbaik 2020

Bahkan, tak jarang pengguna bakal membungkus ponsel mereka dengan aksesori case, supaya tebal tonjolan kamera tak begitu terlihat secara gamblang. Lantas, mengapa harus ada tonjolan kamera?

Panjang focal length

Tonjolan kamera di berbagai smartphone tak lepas dari salah satu elemen inti yang ada dalam komponen kamera, yaitu lebar lensa atau focal length.

Sederhananya, focal length menentukan seberapa luas lensa kamera bisa "melihat" obyek yang sedang dibidiknya. Semakin besar focal length, maka semakin sempit obyek yang dipandang kamera, begitu juga sebaliknya.

Kita ambil contoh deretan lensa kamera belakang di Galaxy S21 Ultra yang memiliki focal length berbeda-beda.

Ada empat kamera belakang di Galaxy S21 Ultra, terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamer ultra wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP 3x optical zoom, kamera telefoto periskop 10 MP 10x optical zoom. Lingkaran kelima memuat sensor laser untuk autofokus
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Ada empat kamera belakang di Galaxy S21 Ultra, terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamer ultra wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP 3x optical zoom, kamera telefoto periskop 10 MP 10x optical zoom. Lingkaran kelima memuat sensor laser untuk autofokus

Kamera utama ponsel tersebut, misalnya, beresolusi 108 MP dan memiliki focal length 24mm. Lensa kamera normal sendiri biasanya berkisar di angka 35-50mm, sehingga lensa ini bisa disebut lensa lebar (wide).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X