Resmi, Microsoft Bakal Bangun Data Center Pertama di Indonesia

Kompas.com - 26/02/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi Microsoft TelegraphIlustrasi Microsoft

KOMPAS.com - Pada 2020 lalu, CEO Microsoft Satya Nadella berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, mengutarakan minat Microsoft membangun data center di Indonesia, dengan nilai investasi mencapai 1 miliar dollar AS.

Kementerian Kominfo pun mengatakan akan segera menyiapkan Peraturan Menteri (PM) untuk memuluskan rencana Microsoft membuka data center pertamanya di Indonesia.

Kini, Microsoft secara resmi mengumumkan akan membangun data center region (pusat data wilayah) pertamanya di Indonesia. Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif "Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia" yang digalakan oleh Microsoft.

Baca juga: Microsoft Ingin Bangun Data Center, Jokowi Janjikan Regulasi Kelar Seminggu

Executive Vice President and President, Microsoft Global Sales, Marketing and Operations, Jean-Philippe Courtois, mengungkapkan rencana pembangunan data center ini merupakan langkah investasi paling signifikan yang pernah diambil Microsoft selama 26 tahun hadir di Indonesia.

"Dengan data center lokal, bisnis akan memiliki akses yang lebih cepat ke layanan cloud dan kemampuan untuk menyimpan data di Tanah Air," kata Courtois, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (26/2/2021).

Microsoft sendiri belum mengumbar detail informasi terkait kapan dan di mana pembangunan data center pertama di Indonesia ini.

Namun yang jelas, Microsoft mengatakan pusat data di Indonesia ini akan menjadi bagian dari infrastruktur cloud global Microsoft (Microsoft Azure) lainnya.

Sejauh ini, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini memiliki lebih dari 60 wilayah data center yang tersebar di beberapa negara.

Dengan tersedianya pusat data lokal di Indonesia, Courtois mengatakan akan memungkinkan pelanggan di Indonesia memiliki akses yang lebih cepat ke layanan cloud Microsoft (Microsoft Azure) serta dapat menyimpan datanya di Tanah Air.

Sambutan Kominfo

Rencana pembangunan data center pertama Microsoft di Indonesia ini disambut baik oleh Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia.

Menurut Johnny, pusat data di Indonesia ini akan menguntungkan pelaku bisnis lokal, pemerintah, dan individu di semua sektor.

Baca juga: AWS Buka Data Center Baru di Indonesia 2021

“Sebagai penyedia solusi cloud, investasi Microsoft untuk membangun pusat data lokal, keterampilan digital, dan kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia akan mendukung inovasi lokal, pemulihan ekonomi, dan transformasi digital," kata Johnny.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee, turut mengungkapkan bahwa sudah ada pemain besar lokal yang memanfaatkan Microsoft Azure, di antaranya adalah Bukalapak, Pertamina, dan Kementerian Pertanian.

Dengan layanan Microsoft Azure, setiap orang, baik bisnis atau individu, dapat menggunakan layanan serta kemampuan cloud yang menjangkau komputasi, jaringan, database, analitik, kecerdasan buatan, dan internet untuk segala (Internet of Things/IoT).

Baca juga: Kominfo Bikin Peraturan Menteri untuk Muluskan Investasi Data Center Microsoft



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X