Vendor Laptop Lokal Zyrex Terbitkan Saham Perdana, Incar Dana Rp 83 Miliar

Kompas.com - 30/03/2021, 10:31 WIB
Laptop Zyrex ZyrexLaptop Zyrex

KOMPAS.com - Produsen laptop lokal Zyrex, PT Zyrexindo Mandiri Buana resmi melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Selasa (30/3/2021).

Saham dan Waran PT Zyrexindo Mandiri Buana tercatat menggunakan kode saham (ZYRX). Dihimpun KompasTekno dari situs BEI, ZYRX adalah perusahaan tercatat ke-11 di BEI pada tahun 2021.

Melansir Kontan.co.id, Zyrexindo Mandiri Buana melepas 333,33 juta saham baru atau setara dengan 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO.

Baca juga: Ini Jadwal Stock Split Saham Erajaya (ERAA)

Zyrex mengincar dana segara Rp 83,33 miliar dari IPO, dengan melepas harga per lembar sahamnya sebesar Rp 250. Selain itu, perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 166,66 juta Waran Seri I dengan harga pelaksanaan Rp 750.

Jumlah waran yang diterbitkan setara 16,67 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO.

Para pemengang saham baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal penjatahan, akan diberi Waran Seri I secara cuma-cuma sebagai insentif.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, setiap pemegang dua saham baru berhak memperoleh satu Waran Seri I, di mana Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham baru perusahaan yang dikeluarkan dari portepel.

Baca juga: Gojek, Tokopedia dkk Dirayu agar Melantai di Bursa Saham Indonesia

Adapun pelaksanaan Waran Seri I akan berlangsung dari 30 Maret 2021-30 Maret 2023. Dikutip Kontan.co.id dari catatan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebelumnya, Zyrexindo Mandiri Buana telah mengantongi tanggal efektif pada 17 Maret 2021.

Penawaran umum sendiri telah berlangsung pada 19-24 Maret. PT Zyrexindo Mandiri Buana juga mengadakan employee stock allocation (ESA) atau Program Alokasi Saham Karyawan.

Jumlah saham yang dialokasikan untuk karyawan sebanyak 9,99 juta atau sebesar 3 persen dari total saham yang diterbitkan.

Dalam proses IPO, Zyrexindo Mandiri Buana menggandeng PT BNI Sekuritas dan MT Mitrae Asset Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X