CEO Perusahaan Mobil Swakemudi Google Mengundurkan Diri

Kompas.com - 06/04/2021, 09:29 WIB
Mantan CEO Waymo, John Krafcik businessinsider.comMantan CEO Waymo, John Krafcik
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah sekitar enam tahun menjabat sebagai CEO Waymo, John Krafcik dilaporkan mengundurkan diri dari jabatannya. Sebelumnya, Krafcik diangkat sebagai CEO Waymo pada tahun 2015 lalu.

Waymo adalah perusahaan pengembangan mobil otonom atau swakemudi yang bisa menyetir sendiri. Waymo bernaung di bawah Alphabet yang sekaligus merupakan induk Google.

Krafcik yang berasal dari dunia otomotif awalnya direkrut karena Google merasa teknologi mobil swakemudi besutannya ketika itu sudah hampir siap untuk komersialisasi. Krafcik pun sibuk negosiasi dengan produsen mobil seperti Ford dan Fiat Chrysler.

Baca juga: Mobil Otonom Apple Dikabarkan Meluncur 2024

Seiring waktu, Google melakukan restrukturisasi perusahaan dan Waymo berjalan sendiri sebagai perusahaan terpisah. Namun, perkembangan teknologi mobil swakemudi nyatanya berjalan lebih pelan dari yang diharapkan. Proses komersialisasinya lebih sulit dari ekspektasi.

Pada 2018, misalnya, Waymo untuk pertama kalinya meluncurkan layanan komersial di AS, tapi tak benar-benar sepenuhnya swakemudi karena masih ada sopir manusia untuk berjaga-jaga.

Baru dua tahun setelahnya, pada 2020, mobil swakemudi Waymo bisa berjalan tanpa dikawal sopir manusia di sebagian layanan komersialnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ArsTechnica, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Cerita Eks Google yang Curi Data Mobil Swakemudi Berujung Bui

Pertumbuhan perusahaan Waymo pun berbeda jauh dari yang dicanangkan sebelumnmya. Tiga tahun lalu, Waymo mengumumkan rencana membeli 82.000 mobil listrik dan hybrid dari Jaguar dan Fiat Chrysler. Sekarang perusahaan itu baru memiliki 600 mobil.

Lambatnya laju Waymo belum tentu akibat kesalahan Krafcik selaku mantan pemimpin. Bisa jadi teknologi swakemudi memang sulit untuk untuk dikembangkan. Hingga sekarang pun masih belum ada perusahan yang benar-benar bisa mewujudkan mobil tanpa sopir.

Setelah pengunduran diri Krafcik, jabatan CEO Waymo akan diisi oleh Dmitri Dolgov, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) Waymo dan telah bergabung sejak tahun 2009.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X