WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Data dari Android ke iPhone

Kompas.com - 06/04/2021, 18:03 WIB
Ilustrasi chat WhatsApp. Phone ArenaIlustrasi chat WhatsApp.

KOMPAS.com - Layanan perpesanan instan WhatsApp selalu mengembangkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika memakai platform miliknya.

Salah satu fitur yang terbilang telah dinanti-nanti oleh pengguna ialah fitur migrasi riwayat obrolan (chat history) WhatsApp dari perangkat Android ke iPhone, atau sebaliknya.

Untuk bisa mentransfer data dan chat history antara aplikasi WhatsApp di Android dan iOS ini, pengguna bahkan rela menggunakan aplikasi WhatsApp Modifikasi (WhatsApp Mod), seperti WhatsApp Plus atau WhatsApp GB.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp GB yang Ramai Dibicarakan di Twitter?

WhatsApp sendiri sudah mengetahui hal ini dan menentangnya. WhatsApp bahkan mengancam akan memblokir akun WhatsApp bila pengguna tetap bandel menggunakan aplikasi WhatsApp tak resmi itu.

Sebagaimana dimuat dalam keterangan di laman FAQ WhatsApp, aplikasi buatan pihak ketiga  yang mengklaim dapat digunakan untuk memindahkan obrolan WhatsApp antar perangkat itu melanggar Persyaratan Layanan WhatsApp.

"WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanan mereka," tulis WhatsApp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, seperti WhatsApp tak menutup mata dan berusaha untuk menghadirkan fitur transfer chat history antara perangkat Android dan iOS secara resmi di platform miliknya.

WhatsApp terlihat sedang menguji coba fitur transfer chat antara iPhone dan Android.WABetaInfo WhatsApp terlihat sedang menguji coba fitur transfer chat antara iPhone dan Android.
Menurut laporan situs yang terkenal kerap membeberkan fitur anyar WhatsApp, WABetaInfo, WhatsApp sudah terlihat menguji coba fitur transfer chat history antara aplikasi WhatsApp di iPhone dan Android, baru-baru ini.

Dengan fitur ini, pengguna nantinya bisa leluasa memindahkan riwayat obrolan mereka ketika berganti smartphone dengan sistem operasi yang berbeda, tanpa perlu khawatir chat history miliknya hilang.

"WhatsApp memberikan banyak prioritas untuk fitur ini, yang memungkinkan untuk menggunakan akun WhatsApp Anda di beberapa perangkat secara bersamaan (multi devices)," tulis WA Beta Info di laman resminya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.