Telkomsel Prediksi Trafik Medsos Naik Saat Lebaran, Zoom Justru Turun

Kompas.com - 12/04/2021, 18:57 WIB
Ilustrasi BTS Telkomsel IstimewaIlustrasi BTS Telkomsel
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Telkomsel memprediksi bakal ada lonjakan trafik di momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2021 dibanding hari biasa. Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan peningkatan tersebut sebagian besar akan berasal dari layanan data (broadband).

"Lonjakan trafik sebagian besar terjadi di layanan broadband internet. Kami memprediksi akan ada peningkatan mencapai 8,54 persen dibanding kondisi normal sebelumnya," tutur Nugroho dalam konferensi pers virtual persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021, Senin (12/4/2021).

Secara spesifik, Telkomsel juga memprediksi bakal ada peningkatan trafik di berbagai layanan internet di momen RAFI 2021 dibanding hari biasa.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Telkomsel Optimalkan Jaringan di Lokasi-lokasi Ini

Di antaranya, peningkatan penggunaan internet di layanan komunikasi (17,5 persen), games (8,8 persen), situs web (13,8 persen), e-commerce (13, 8 persen), video (10,4 persen), jejaring sosial (11,2 persen), hingga media online (5,5 persen).

Vice President Network Infrastructure and Security Operation Telkomsel, Rahmat Novalianto dalam acara konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2021).KOMPAS.com/Bill Clinten Vice President Network Infrastructure and Security Operation Telkomsel, Rahmat Novalianto dalam acara konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2021).

"Layanan komunikasi ini peningkatannya paling besar karena banyaknya aplikasi populer di kategori ini, seperti WhatsApp, Telegram, dll," ujar Vice President Network Infrastructure and Security Operation Telkomsel, Rahmat Novalianto di kesempatan yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait aplikasi, Rahmat juga memaparkan sejumlah platform populer yang diperkirakan bakal ramai dipakai pada momen RAFI 2021 nanti.

Beberapa aplikasi tersebut mencakup Telegram (19,6 persen), TikTok (16,6 persen), game Mobile Legends (8,8 persen), WhatsApp (19,6 persen), Instagram (15,2 persen), Facebook (8,1 persen), Twitter (6,8 persen), hingga YouTube (6,7 persen).

Zoom justru diprediksi turun

Meski sebagian besar penggunaan aplikasi tadi meningkat, penggunaan platform video telekonferensi populer Zoom justru diprediksi akan menurun sekitar 9 persen dibanding hari biasa.

Hal ini disebabkan karena pengguna jarang memakai aplikasi tersebut di momen liburan, terutama ketika lebaran nanti.

"Pada saat masa liburan, pelanggan mungkin akan lebih cenderung menggunakan platform media sosial seperti WhatsApp dan Telegram," jelas Rahmat.

Baca juga: Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Telkomsel, Indosat, XL, Tri, dan Smartfren

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.